Bukan Sekali, Akun Google Bisnis Hotel di Cirebon Ternyata Sering Jadi Korban Peretasan, Ini Modus Pelaku

Bukan Sekali, Akun Google Bisnis Hotel di Cirebon Ternyata Sering Jadi Korban Peretasan, Ini Modus Pelaku

Peretasan akun Google Bisnis milik hotel terjadi di Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon. Foto hanya ilustrasi.-Istimewa - Diolah/Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Peretasan akun Google Bisnis yang dialami sejumlah hotel berbintang di Cirebon ternyata tidak hanya terjadi sekali.

Peretasan dengan modus yang sama sudah berkali-kali terjadi. Yang terbaru, beberapa hotel di Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon melaporkan, akun Google Bisnis mereka diretas sejak Sabtu, 10, Agustus 2024.

Marketing Communication Aston Cirebon Hotel and Convention Center, Hendra Prayogo menuturkan peretasan ini diketahui sejak akhir pekan kemarin.

Informasi alamat Aston Cirebon Hotel dibubuhkan nomor WhatsApp tak dikenal. Bahkan hal itu terjadi hingga Senin, 12, Agustus 2024.

BACA JUGA:WADUH! Akun Google Bisnis Hotel di Cirebon Diretas, Nomor Telepon hingga Rekening Bank Diganti

Meskipun hal tersebut bisa langsung ditangani dan mengganti kembali informasi tersebut, namun peretasan ini terjadi beberapa kali.

"Dalam sehari bisa diganti 5-7 kali, di Senin intensitas berkurang," kata Hendra Prayogo, kepada radarcirebon.com, Selasa, 13, Agustus 2024.

Di hari ini, peretasan akun Google Bisnis sudah tidak terjadi. Bahkan sudah berfungsi sebagaimana biasanya.

Namun pihaknya masih terus melakukan cek berkala untuk menghindari adanya peretasan dan perubahan informasi.

BACA JUGA:Motif ‘Koboi Depok’ Dibongkar Polisi, Perkara Saung Jadi Begini

Peretasan ini juga diketahuinya tidak hanya terjadi pada hotel namun sejumlah akun instansi lainnya di Kota Cirebon.

Dikhawatirkan saat seseorang mencari informasi dengan cepat di Google, nomor tersebut menjadi referensi dan bisa menjadi gerbang terjadinya penipuan atau hal yang merugikan.

"Kami turut menginformasikan kepada tamu nomor official hotel dan mengganti seluruh password yang terhubung ke akun bisnis, juga menerapkan pengecekan setiap 30 menit hingga 1 jam hingga saat ini," katanya. 

Hal serupa juga dialami oleh Bentani Hotel Cirebon. Public Relation Bentani Hotel Cirebon, Sherly Putri menuturkan peretasan terjadi sejak Sabtu (10/8) pada sekitar jam 11.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: