Bendera Merah Putih Raksasa Dikibarkan di Puncak Gunung Ciremai

Bendera Merah Putih Raksasa Dikibarkan di Puncak Gunung Ciremai

Bendera merah putih raksasa dikibarkan di puncak Gunung Ciremai. Foto: -Istimewa -Radarcirebon.com

KUNINGAN, RADARCIREBON.COM - Pengibaran Bendera Merah Putih raksasa di puncak Gunung Ciremai dilaksanakan Organisasi Pendaki Gunung TRAMP, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia ke-79, puluhan pendaki mengibarkan bendera dengan cara mendaki ke sebuah tebing.

Ketua Harian TRAMP Alfira Naftaly Pangalila, mengungkapkan, Selain bendera merah putih raksasa, bendera TRAMP dan bendera Kabupaten Kuningan juga ikut berkibar di Puncak Gunung Ciremai yang memiliki ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl). 

"Puji syukur beberapa orang anggota kita telah berhasil mengibarkan bendera merah putih berukuran 6x9 meter di tebing kawah Gunung Ciremai bertepatan dengan HUT Republik Indonesia ke-79, " ungkapnya melalui siaran pers, Senin, 19 Agustus 2024.

BACA JUGA:Juventus vs Como, Klub Milik Bos Djarum Tidak Diperkuat Eks Setan Merah

BACA JUGA:Pesan Maarten Paes Kepada Fans Sebelum Debut dengan Timnas Indonesia

Dikatakannya, Gunung Ciremai disebut sebagai atap Jawa Barat karena memiliki predikat sebagai gunung tertinggi di Provinsi Jawa Barat.

Selain paling tinggi, Gunung Ciremai juga sulit didaki karena jalurnya terbilang ekstrim dan cuacanya cepat berubah-ubah. 

"Pengibaran bendera raksasa di kawah Gunung Ciremai ini dilakukan dengan upacara yang berjalan dengan khidmat, " jelasnya. 

Sementara itu, Ketua Umum TRAMP, Julianto Wibowo berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kuningan dan Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan yang telah membantu TRAMP dalam kegiatan pengibaran bendera raksasa di kawah Gunung Ciremai dengan izin khusus dari Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). 

BACA JUGA:Semangat Kemerdekaan dan Solidaritas, Convoy Merdeka Honda PCX Gelar Beragam Aktivitas Penuh Makna

"Kami bersyukur dan merasa terhormat bisa kembali diterima di sini oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan karena TRAMP mengangap Kabupaten Kuningan khususnya Gunung Ciremai sebagai rumah kedua kami, tempat melatih mental serta skill anggota-anggota TRAMP dalam berkegiatan di gunung hutan," ujar Julianto atau yang karib disapa Iyan. 

Iyan menjelaskan, setelah sukses dilakukan pada tahun 2021 silam, pengibaran bendera merah putih raksasa di kawah Gunung Ciremai akan menjadi agenda rutin TRAMP setiap perayaan HUT Republik Indonesia. 

"Momentum pengibaran bendera Merah Putih di Kawah Gunung Ciremai ini akan menjadi sebuah 'legacy' dan dengan kegiatan ini TRAMP ingin membangkitkan rasa nasionalisme seluruh masyarakat Indonesia, khususnya kaum muda penerus bangsa," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: