PKM di Mundu Pesisir, Dosen IPB Cirebon Beri Pelatihan Pengolahan Produk Mangrove

PKM di Mundu Pesisir, Dosen IPB Cirebon Beri Pelatihan Pengolahan Produk Mangrove

PKM: Dosen IPB Cirebon akan menggelar PKM di Desa Mundu Pesisir, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon.-KHOIRUL ANWARUDIN-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Dosen Institut Prima Bangsa (IPB) Cirebon akan menggelar pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Desa Mundu Pesisir Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon.

Dengan berkolaborasi dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa setempat, mereka akan memberikan pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan keterampilan pengolahan produk mangrove kepada kelompok Ibu-ibu di sana.

Ketua Tim PKM IPB Cirebon, Utami Rosalina MPd mengatakan bahwa kegiatan PKM tersebut merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi. Adapun program ini, terselenggaranya berkat program Pendanaan hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbud Ristek.

Selama tiga bulan, Ia dan timnya, yakni Lukman Hakim Nur Hidayatullah dan Fauziah Al Fiana akan melakukan pelatihan dan pendampingan kepada warga desa setempat.

BACA JUGA:Pasangan Effendi Edo - Siti Farida Daftar ke KPU, Diantar Ribuan Pendukung

Lebih lanjut, Utami mengungkapkan bahwa dalam PKM tersebut, pihaknya mengusung tema Pemberdayaan dan Pengembangan Keterampilan Pokdarwis, Penguatan Eco Tourism Berbasis Konservasi Mangrove dengan Mengusung Eco Blue dan Digipreunership.

"Dalam Pembukaan PKM yang digelar Sabtu (24/8/2024) kemarin, kami menyampaikan bahwa dalam agenda itu, kami akan melaksanakan pelatihan untuk pengolahan beberapa produk dari mangrove, " Ungkapnya.

Utami mengungkapkan bahwa, alasan pengolahan produk mangrove sendiri dikarenakan di Desa Mundu Pesisir mempunyai potensi wisata konservasi mangrove yang berada di kawasan pesisir pantainya. Selain itu, ada kebutuhan bagi warga setempat untuk meningkatkan potensi mangrove menjadi produk unggulan yang bisa dipasarkan dan menambah penghasilan bagi warga setempat.

Mangrove sendiri, tuturnya bisa diolah menjadi beragam produk kuliner yang enak dan menarik. Diantaranya adalah kopi dan sirup dari Mangrove. Selain, memberikan pelatihan pengolahan produk mangrove, pihaknya juga akan memberikan pelatihan terkait dengan packaging sampai dengan pemasarannya.

BACA JUGA:Kekeringan di Majalengka Mengancam Ribuan Hektare Lahan Pertanian

"Kami melihat di Desa Mundu Pesisir itu, sebagian besar warganya itu berprofesi sebagai nelayan dan pengupas kerang. Nah, di saat musim paceklik seperti saat ini, penghasilan mereka otomatis juga terdampak, " Katanya.

Oleh karena itu, dengan adanya pelatihan dan pendampingan pengolahan produk mangrove ini, diharapkan akan bisa membantu masyarakat setempat untuk memperoleh penghasilan tambahan. Pasalnya, dari adanya pelatihan tersebut, ditargetkan para peserta mampu membuat produk yang bisa dipasarkan di Bumdes desa setempat.

"Dari kami sendiri, berharap bahwa melalui pelatihan ini bisa mensejahterakan perekonomian masyarakat setempat," Pungkasnya. (awr/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: