Jokowi Resmikan Sejumlah Infrastruktur di Jabar 16 Jembatan Sepanjang 1.030 Meter Tambah Konektivitas

Jokowi Resmikan Sejumlah Infrastruktur di Jabar 16 Jembatan Sepanjang 1.030 Meter Tambah Konektivitas

Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mendampingi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan Gedung Pusat Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di RSUP Dr. Hasan Sadikin, Kota Bandung, Kamis (29/8/2024).-Biro Adpim Jabar-radarcirebon.com

BANJAR, RADARCIREBON.COM - Presiden RI Joko Widodo meresmikan secara simbolis sejumlah infrastruktur di Jawa Barat bersamaan dengan peresmian jembatan Sungai Citanduy, Kota BANJAR, Kamis (29/8/2024).

Sejumlah infrastruktur tersebut antara lain, 16 jembatan pengganti Callender Hamilton yang tersebar di delapan kabupaten dan kota. Total 16 jembatan tersebut sepanjang 1.030 meter dengan menelan anggaran sebesar Rp1,9 triliun.

"Pagi ini kita akan resmikan 16 jembatan pengganti Callender Hamilton tersebar di delapan kabupaten kota di Jawa Barat dengan panjang total 1.030 meter dan biaya investasinya Rp1,9 triliun," ujar Jokowi dalam sambutannya.

Infrastruktur berikutnya yang diresmikan Jokowi adalah 22 ruas jalan sepanjang 121 kilometer yang tersebar di 13 kabupaten dan kota.  Ke-22 ruas jalan tersebut ditangani dengan Inpres Jalan Daerah yang menelan biaya sebesar total Rp521 miliar.

BACA JUGA:Tegas dan Sepakat, XTC Kota Cirebon Dukung Pasangan Idola di Pilkada 2024

Jokowi juga meresmikan jembatan Ciloseh yang ada di Kota Tasikmalaya dengan anggaran sebesar Rp112 miliar.

Presiden berharap kehadiran jembatan baru Ciloseh akan meningkatkan konektivitas dan aksesbilitas menuju Bandara Wiriadinata dan mengatasi kemacetan di Kota Tasikmalaya.

"Kita harapkan dengan jembatan ini yang merupakan bagian dari jalan lingkar utara Kota Tasikmalaya akan meningkatkan konektivitas dan aksesbilitas menuju bandara dan Kota Tasikmalaya serta mengatasi kemacetan," tuturnya.

Menurut Jokowi, pembangunan dan perbaikan infrastruktur di berbagai daerah diyakini bisa menekan biaya logistik dan melancarkan mobilitas orang dan barang.

BACA JUGA:Bertemu dengan Rekan Jurnalis, Suhendrik: Jalin Silaturahmi Sekaligus Reuni

"Pembangunan dan perbaikan infrastruktur di berbagai daerah ini akan meningkatkan konektivitas, mengefisienkan biaya logistik dan melancarkan mobilitas orang dan barang," kata Jokowi.

Peresmian infrastruktur secara bersamaan itu ditandai dengan penekanan tombol oleh Jokowi, Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah, dan Penjabat Wali Kota Banjar Ida Wahida.

Dalam peresmian tersebut Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Tak hanya itu, selepas peresmian sejumlah infastruktur di Jembatan Citanduy, Jokowi juga  akan langsung meresmikan Bendungan Leuwikeris di Kabupaten Tasikmalaya.

BACA JUGA:Resmi Daftar ke KPU, Pasangan RAHIM Jadi Kontestan ke-4 di Pilkada Kabupaten Cirebon 2024

Sekretaris Daerah Provinsi Jabar Herman Suryatman akan mendampingi Presiden saat peresmian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: