Terima Program MBKM PKKM Unpad, Pj Wali Kota: Dukung untuk Kembangkan SDM dan Tata Kelola Pemerintahan

Terima Program MBKM PKKM Unpad, Pj Wali Kota: Dukung untuk Kembangkan SDM dan Tata Kelola Pemerintahan

Pj Wali Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi bersama 133 mahasiswa Universitas Padjajaran (Unpad) yang tengah mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Ke-2 Tahun 2024 Universitas Padjajaran di Halama-ISTIMEWA/RADARCIREBON.COM-

CIREBON, RADARCIREBON.COM  – Pj Wali Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi memimpin apel pagi sekaligus penerimaan pelaksanaan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Ke-2 Tahun 2024 Universitas Padjajaran di Halaman Balai Kota, Senin 2 September 2024.

Acara ini merupakan tonggak penting dalam menjalin kerja sama antara dunia akademik dan pemerintahan daerah. Dalam sambutannya, Pj Wali Kota menegaskan pentingnya dukungan terhadap program ini.

"Program MBKM PKKM ini harus didukung dan disambut baik sebagai sebuah upaya kita semua untuk mengembangkan pola keterhubungan antara dunia akademik dengan dunia tata kelola pemerintahan," ujarnya.

BACA JUGA:Begini Saran Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Agar Pendaftaran QR Code Berhasil

BACA JUGA:Dani Mardani Suport Perbaikan Masjid Assalam Larangan Timur Harjamukti Kota Cirebon

Program ini akan melibatkan 133 mahasiswa dari Program Studi Administrasi Publik yang akan melakukan riset dan magang di beberapa perangkat daerah.

"Saya berharap para kepala perangkat daerah terkait dapat berkolaborasi dan memperkuat pelaksanaan teknis dalam pelaksanaan program ini," lanjutnya.

Selain itu, kegiatan ini juga mencakup Focus Group Discussion yang akan membahas isu-isu strategis dalam tata kelola pemerintahan daerah.

Diharapkan dapat memperkuat peran perguruan tinggi dalam menjembatani komunikasi kebijakan publik melalui survei dan riset yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

BACA JUGA:Bey Machmudin Serahkan SK Pensiun kepada 180 ASN Purna Tugas: Tetap berkontribusi di Berbagai Bidang

BACA JUGA:Laskar Agung Macan Ali Siap Jaga Kondusifitas Keamanan Pasar Muludan di Keraton Kasepuhan Cirebon

"Melalui universitas, transfer of knowledge kebijakan publik selalu berkembang hingga menemukan formula yang tepat diterapkan di tengah masyarakat sesuai karakter wilayah masing-masing," tambah Pj Wali Kota.

Tak hanya itu, kegiatan ini bagian dari upaya pemerintah yang menitikberatkan lima program prioritas, termasuk pembangunan SDM dan penguatan reformasi birokrasi.”

“Universitas dan mahasiswa diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam mencapai tujuan-tujuan tersebut.

"Sebagai wahana bagi para mahasiswa untuk dapat mengaplikasikan segala pengetahuan yang didapatkan di kelas pada situasi yang lebih nyata, yaitu di lingkungan sosial masyarakat," kata Pj Wali Kota.

BACA JUGA:Satu Rumah di Cikalahang Dukupuntang Terbakar, Diduga Akibat Pembakaran Sampah

BACA JUGA:Warga Jalan Saladara Kota Cirebon Pasang Spanduk Dukungan ke-7 Terpidana Kasus Vina dan Eky Jelang Sidang PK

Para mahasiswa yang terlibat diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memperluas wawasan dan pengetahuan mereka.

"Jadikan sebagai momen yang strategis dalam pengembangan wawasan dan pengetahuan," pesan Pj Wali Kota.

Pj Wali Kota juga mengingatkan agar mahasiswa menjaga kondusivitas dan ketertiban selama pelaksanaan kegiatan.

"Perkuat koordinasi, komunikasi, dan kolaborasi dengan perangkat daerah yang menjadi tempat saudara sekalian berkegiatan," tambahnya.

BACA JUGA:Polisi Soal Percobaan Pencurian di Klayan, Pelaku Mengincar Mesin Sanyo

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk kepala perangkat daerah dan perwakilan Universitas Padjajaran.

Secara keseluruhan, kegiatan ini menunjukkan komitmen bersama untuk memajukan tata kelola pemerintahan dan pendidikan di Cirebon, serta memberikan kontribusi yang berarti bagi masyarakat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase