Peringati HUT ke 79, PMI Kota Cirebon Berikan Berbagai Penghargaan kepada PMR Berprestasi dan Ormas

Peringati HUT ke 79, PMI Kota Cirebon Berikan Berbagai Penghargaan kepada PMR Berprestasi dan Ormas

aPRESiaSi: Pmi Cabang kota Cirebon memberikan apresiasi kepada petugas dan relawan yang melakukan misi kemanusiaan donor darah.-Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) saat ini telah berusia 79 tahun. memperingatai HUT PMI ke 79, PMI Cabang Kota Cirebon, Kamis (19/9) menggelar upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) PMI ke-79 di halaman Balaikota Cirebon.

hadir langsung Ketua PMI cabang Kota Cirebon dr H M Edial Sanif SpJP FIHA, Wakil Ketua Sumarni, Sekretaris dr Toat, Asisten Administrasi pemerintahan dan Kesra Sutikno AP, Mantan Walikota Subardi SPd.  

Yang menjadi momen bersejarah bagi PMI, PMI memberikan penghargaan kepada beberapa pembina Palang Merah Remaja (PMR) dan para pemenang lomba yang digelar oleh PMI Cabang Kota Cirebon.

Ketua PMI Kota Cirebon, dr Edial Sanif, SpJP FIHA menyampaikan pentingnya peran PMI dalam menghadapi dampak perubahan iklim. Kita menyadari dampak pemanasan global yang semakin nyata, dan PMI terus berperan aktif dalam adaptasi terhadap perubahan iklim.

BACA JUGA:Kebakaran di Kuningan, Anak Bermain Korek Api Diduga Penyebabnya

Edial juga menyampaikan bahwasannya sekitar 500 relawan baru secara resmi dilantik dalam upacara tersebut, tujuannya untuk memperkuat barisan relawan PMI dalam berbagai kegiatan kemanusiaan di masa mendatang.

Tak hanya itu, kata Edial, PMI juga memberikan penghargaan kepada para pendonor darah yang telah berkontribusi luar biasa. Sebanyak 2.575 penghargaan diserahkan kepada mereka yang telah berulang kali mendonorkan darah.

dr. Edial Sanif juga menyoroti peran penting PMI dalam menghadapi situasi darurat di lapangan. Kami biasanya mendapatkan instruksi dari pusat, namun PMI selalu bergerak cepat dalam menghadapi situasi darurat, terutama dalam membantu korban bencana. PMI juga berperan penting dalam upaya kemanusiaan nasional.

Upacara ini sekaligus menegaskan kembali pentingnya tujuh prinsip dasar PMI, yaitu kemanusiaan, kesetaraan, kenetralan, dan beberapa nilai lainnya. Prinsip-prinsip ini, menurut Edial, harus selalu menjadi pedoman bagi para relawan dalam menjalankan tugas kemanusiaan mereka.

BACA JUGA:Sempat Terjadi Ledakan, Rumah Warga Awirarangan Kuningan Ludes Terbakar

Pihaknya berharap Melalui peringatan HUT ke-79 ini, PMI berharap agar para relawan semakin memahami pentingnya berbagi, berperan aktif dalam upaya adaptasi perubahan iklim, serta terus menjaga semangat kemanusiaan dalam setiap aksi mereka.

Sementara itu Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra, Sutikno AP mengucapkan selamat ulang tahun PMI ke 79. Menurut Sutikno, bencana alam dan kesehatan saat ini menjadi persoalan global termasuk isu global perubahan iklim.

Kedepan, pria kelahiran Rembang, Kegiatan utama difokuskan menjaga pelestarian lingkungan,  serta seluruh komponen PMI. Program pembibitan tanaman untuk anak sekolah dengan PMR sebagai penggerak,  dan ditanamkan pohon sampai tumbuh dengan target 4 juta pohon.

“Terima kasih kepada relawan,  karyawan dan pengurus jajaran PMI atas dedikasi pengabdian selama ini,” pungkasnya. (abd)

BACA JUGA:Eti-Suhendrik Hadiri Maulid Nabi di Argasunya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: