Pemekaran Cirebon Timur Terealisasi di Tahun 2025, Begini Kata Ketua Umum FCTM

Pemekaran Cirebon Timur Terealisasi di Tahun 2025, Begini Kata Ketua Umum FCTM

OPTIMISTIS: Ketua FCTM KH Usamah Mansyur yakin pemekaran Cirebon Timur akan terealisasi paling lambat tahun 2025.-istimewa-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Proses pemekaran Cirebon Timur tidak akan pernah berhenti walaupun ada isu pemekaran Provinsi Cirebon.

Demikian ditegaskan Ketua Umum Forum Cirebon Timur Mandiri (FCTM), KH Usamah Mansyur kepada Radar Cirebon, kemarin. “Kita tetap on the track, tidak ada masalah,” ujar Kiai Usamah melalui sambungan telepon selular.

Diakuinya, banyaknya isu yang berkembang jika wacana pemekaran Provinsi Cirebon akan menghentikan pemekaran Cirebon Timur.

“Isu itu tidak benar, karena justru KP3C mendukung percepatan DOB Kabupaten Cirebon Timur,” ujarnya.
Lebih lanjut, dikatakan Kiai Usama, dokumen yang dipersiapkan oleh FCTM untuk proses pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Kabupaten Cirebon Timur jauh lebih lengkap jika dibandingkan dengan pegiat pemekaran provinsi Cirebon Raya.

BACA JUGA:Paslon IDOLA Nomor Urut 3, Effendi Edo: Salam Metal, Menang Total!

Bahkan, lanjut Kiai Usama, dirinya pernah bertemu dengan Ketua Komite Percepatan Pembentukan Provinsi Cirebon Raya (KP3C) Kurniawan Bahtiar, dan mendukung proses percepatan pembentukan DOB Kabupaten Cirebon Timur.

“DOB Kabupaten Timur nantinya akan menjadi salah satu daerah yang akan masuk dalam DOB Provinsi Cirebon Raya selain Kabupaten dan Kota Cirebon, Majalengka, Kuningan, dan Indramayu,” ujarnya.

Selain itu, sambung Kiai Usamah, proses pemekaran Cirebon Timur dan Provinsi Cirebon Raya berjalan terpisah, sehingga tidak akan mengganggu satu sama lain.

“Prosesnya berjalan terpisah tapi beriringan, tinggal siapa yang lebih cepat melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan tersebut,” tuturnya.

BACA JUGA:BERES Nomor Urut 2, Begini Pesan Damai Eti - Suhendrik untuk Warga Kota Cirebon

Kiai Usamah optimistis jika proses pemekaran Cirebon Timur lebih cepat teralisasi. Saat ini, sambungnya, tinggal dua tahap lagi menuju pemekaran Cirebon Timur.  

Yakni Surat Keputusan Bersama (SKB) Provinsi Jawa Barat antara eksekutif dan legislatif, dan yang kedua adalah kesepakatan bersama di tingkat pusat.

Pihaknya mempunyai target, tahun 2025 kesepakatan bersama di tingkat pusat bisa terealisasi. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: