Program RemCINTA Cegah Stunting di Kota Cirebon

Program RemCINTA Cegah Stunting di Kota Cirebon

Penerapan program Remaja Cirebon Sehat Tanpa Anemia di Puskesmas Majasem Kota Cirebon.-Istimewa -Radar Cirebon

RADAR CIREBONPoltekkes Kemenkes Tasikmalaya Program Studi D.III Kebidanan Cirebon mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat melalui Program Remaja Cirebon sehat tanpa anemia. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan remaja untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja putri dalam pencegahan anemia dan mempersiapkan diri sebagai calon ibu di masa mendatang. 

Tim Pengabdian yang beranggotakan bidan Lisnawati SST M Keb, bidan Rani Widiyanti SST M Keb dan bidan Hj Entin Jubaedah SST M Keb malaksanakan kegiatan pengabdian di Baperkam RW. 11 wilayah kerja Puskesmas Majasem, beberapa waktu lalu. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Puskesmas Majasem, penanggung jawab Posyandu remaja bidan Rina SST serta 5 orang kader. Jumlah peserta adalah 30 orang remaja putri usia lebih dari 15 tahun. 

BACA JUGA:Penganiayaan Sadis oleh Geng Motor Kembali Terjadi, Korban Remaja 17 Tahun, Polisi Buru Pelakunya

Dalam sambutannya, Kepala Puskesmas Majasem, dr Suhandri Nurhidayat berharap kegiatan ini dapat dijadikan sebagai kegiatan rutin. 

Menurutnya, remaja harus mempunyai perilaku hidup yang sehat, mempunyai status gizi yang baik dan menghindari terjadinya pernikahan dini. 

"Hal ini untuk mencegah terjadinya stunting pada bayi yang akan dilahirkan nanti," jelasnya. 

Perwakilan Tim Pengabdian Masyarakat jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya, bidan Lisnawati menuturkan, kegiatan diisi dengan pelatihan pada 5 orang remaja putri. 

BACA JUGA:Hasil Survey: Pasangan Dirahmati Unggul Tipis di Kuningan

BACA JUGA:RCB Tawarkan Solusi Tuntaskan Masalah ke Paslon Beriman

Kelima remaja putri ini telah dipilih oleh Puskesmas untuk dilatih sebagai konselor teman sebaya. 

Pemberian materi edukasi dilakukan bekerjasama dengan 3 mahasiswa PIK/R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja) Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya Kampus Cirebon. 

Selanjutnya, 5 orang remaja yang telah dilatih sebagai konselor memberikan edukasi pada tim kecil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: