Desa-desa di Kab Cirebon Terlilit Masalah Buang Sampah

Desa-desa di Kab Cirebon Terlilit Masalah Buang Sampah

SUMBER - Salah satu masalah yang dihadapi desa-desa di Kabupaten Cirebon adalah tidak adanya tempat pembuangan sampah. Akhirnya warga desa membuang sampah di sawah atau lahan kosong bahkan sampah pun berceceran di samping jalan raya ataupun di tanggul sungai.

Kondisi ini bisa terlihat di beberapa desa di wilayah Cirebon sebelah utara seperti di Panguragan, di wilayah Cirebon barat seperti di Arjawinangin dan Gegesik dan wilayah Cirebon Timur pun sama, bahkan di Kecamatan Pangenan sampah terserak di perbatasan antar desa.

\"Ini sampah dari ribuan warga desa kumpul di sini. Sangat mengganggu bagi yang lewat,\" kata Udin, warga Pangenan.

Sementara Kabid Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman, Dinas Cipta Karya Kabupaten Cirebon, Dedi Sudarman SH, mengatakan instansinya tidak akan sanggup kalau harus membersihkan sampah di tiap desa.

\"Hanya bisa mengangkutnya, tapi desa harus bayar kontribusi pengangkutan sampah dari TPS ke TPA,\" katanya. Dedi mengakui, pihaknya masih mengalami keterbatasan anggaran kendaraan. \"Kalau semua desa minta diangkut sampahnya berapa biaya yang harus dikeluarkan?\" katanya.

Sementara, menurut Dedi, pendapatan daerah dari retribusi persampahan ini hanya sebesar Rp2,1 miliar. \"Solusinya kita duduk bersama cari jalan keluar dengan pihak kecamatan dan pemerintah desa,\" ujarnya. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: