Sejam Bunyikan Klakson Dukung Hapus Kekerasan Seksual

Sejam Bunyikan Klakson Dukung Hapus Kekerasan Seksual

CIREBON - Sejumlah massa dari organisasi masyarakat, organisasi kampus, dan organisasi agama menggelar aksi satu jam bunyikan sirene tanda darurat kekerasan seksual, Rabu (11/5) di sekitar lampu merah Gunung Sari Kota Cirebon pukul 16.00 WIB. Mereka menuntut perangi kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak.

Dalam aksi yang berlangsung hanya 1 jam ini, para demonstran meminta pihak aparat penegak hukum segera memproses kasus perkosaan yang dialami YY di Bengkulu. Massa juga mendesak DPR-RI segera membahas dan mengesahkan RUU penghapusan kekerasan seksual untuk menjamin kewajiban negara dalam mencegah kekerasan seksual, menangani dan memulihkan hak korban.

\"Pelaku tindak kekerasan seksual sering kali dilakukan oleh orang-orang terdekat seperti ayah, paman, kakak, dan tetangga korban,\" tutur Rita tim program dari organisasi Asysyah Kab Cirebon.

Dalam aksi solidaritas sore ini pengendara roda dua maupun roda empat yang melitas di area demo diminta untuk membunyikan klakson kendaraan, sebagai bentuk dukung penghapusan tindak kekerasan seksual terhadap prempuan.(fazri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: