Sirkuit MotoGP Jakabaring Dibangun Tahun Ini

Sirkuit MotoGP Jakabaring Dibangun Tahun Ini

PALEMBANG - Pembangunan Sirkuit Jakabaring yang nantinya diperuntukan menggelar MotoGP rencananya dimulai pembangunannya pada tahun 2017. Salah satu syarat penting adalah penyusunan Detail Enginering Design (DED) dan itu sudah dilengkapi oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Provinsi Sumatera Selatan.

Sirkuit MotoGP Jakabaring bakal mempunyai panjang lintasan 4.314 meter, dengan ideal line sepanjang 4.279 meter. Dengan kecepatan tertinggi 303 km/h, lintasan tersebut akan mampu ditempuh dalam waktu 89,8 detik, dengan kecepatan rata-rata 171 km/h. Kabid Perumahan dan Tata Bangunan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumsel Aminuddin menjelaskan, pembangunan fisik Sikuit MotoGP Jakabaring masih menunggu terselesaikannya DED. Dengan adanya desain sirkuit yang oleh konsultan asal Jerman Hermann Tilke, penyusunan rancangan sirkuit menjadi lebih lengkap, sebagai pra desain.

\"Pra desain juga sudah lengkap. Desain (Helmal Tilke) ini juga akan dijadikan DED. Pembangunan fisik dipastikan tahun ini,\" tegasnya, Rabu (4/1), seperti dilansir RMOL Sumsel.
Proses pembangunan sirkuit MotoGP ini diperkirakan akan memakan waktu hingga 17 bulan, lebih lama dibandingkan rencana sebelumnya yakni 14 bulan. Termasuk pembangunan gedung, tribun penonton, dan fasilitas lainnya. Nantinya, Sirkuit MotoGP Jakabaring memiliki sembilan tribun yang mampu menampung 130 ribu penonton dan kantor administrasi. Dari sembilan tribun, ada tribun yang dapat menampung paling sedikit 7.500 penonton dan paling banyak dapat menambung hingga 21 ribu penonton. Selain itu, ada ruang media, winner podium, VIP lounge, briefing driver, kitchen, paddock area, welcome center ticketing, parking, medical center, pilt building, main grandstand, CIK karting area, workshop area, dan beberapa ruang lainnya. Gubernur Sumsel, Alex Noerdin mengatakan, pihaknya terus berusaha menyelesaikan Detail Enginerring Design (DED) Sirkuti Moto GP. \"Nunggu sudah selesai DED, lagi digawekan,\" tegasnya. Dia menambahkan, telah banyak investor yang tertarik menanamkan investasinya di Sirkuit Moto GP jakabaring, mulai dari investor dari dalam negeri, hingga investor dari luar negeri. Guna mempercepat terselesaikannya sirkuit yang didesain oleh konsultan asal Jerman Hermann Tilke. \"(Investor) sudah ada, lagi di cari yang terbaik,\" imbuhnya. Sirkuit MotoGP jakabaring, yang rencanya dibangun di atas lahan seluas 120 hektar, akan menjadi kebanggaan Wong Sumsel. Banyak daerah yang ingin membangun fasilitas tersebut seperti, Bali, Banten, serta beberapa daerah lainnya. (rik/ira/JPG)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: