XL Axiata Bantu Korban Gempa Lombok

XL Axiata Bantu Korban Gempa Lombok

MATARAM- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringan di sebagian besar wilayah Lombok dan Nusa Tenggara Barat (NTB) pada umumnya dalam kondisi tetap dapat digunakan. Baik untuk layanan telepon, SMS, maupun data/internet. Khusus untuk wilayah Lombok Utara yang menjadi titik pusat gempa 7 SR, Minggu malam (5/8), layanan mengalami kendala karena dampak gempa yang sangat kuat, sehingga mengakibatkan aliran listrik padam. Tim XL Axiata di lapangan sudah langsung melakukan upaya pemulihan (recovery) sesaat setelah layanan terdeteksi terganggu. Tim XL Axiata terus bekerja semaksimal mungkin untuk memulihkan layanan di Lombok Utara. Hingga Senin siang ini, sebagian besar jaringan di Lombok Utara telah mulai pulih. Dengan demikian, kini akses komunikasi melalui XL Axiata berangsur normal. Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya  menyampaikan turut berduka sedalam-dalamnya atas jatuhnya korban jiwa sebagai dampak dari gempa di Lombok, kemarin. “Tim kami, termasuk di lapangan, saat ini sedang bekerja keras untuk memulihkan sebagian dari layanan kami yang tergangggu pasca gempa, terutama di Lombok Utara,” ungkapnya. Hingga Senin siang (6/8), jaringan XL Axiata di Lombok Utara terus berangsur normal, termasuk jaringan di area Tanjung, yang menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Lombok Utara (KLU). Pelanggan dan masyarakat sudah bisa mendapatkan lagi akses telekomunikasi dan data. Di wilayah Lombok Utara, XL Axiata memiliki lebih dari 120 BTS. Lebih dari 82 di antaranya adalah BTS 3G dan 4G LTE. Sementara itu, di seluruh Provinsi NTB, XL Axiata total memiliki lebih dari 2.900 BTS, dengan 790 BTS di antaranya 4G LTE, yang melayani lebih dari dua juta pelanggan. Selain berusaha keras menangani jaringan, tim XL Axiata di lapangan juga telah siap menyalurkan lagi bantuan darurat bagi warga yang terlanda bencana. Senin ini juga tim XL Axiata segera akan mengantarkan bantuan ke lokasi-lokasi yang membutuhkan. Sementara ini, bantuan akan fokus disalurkan ke wilayah Lombok Utara yang mengalami dampak terberat, di mana ribuan warga mengungsi. Bantuan ini antara lain juga berasal dari Axiata Group, yang merupakan perusahaan induk XL Axiata. Bantuan akan berupa bahan makanan, obat-obatan, selimut, dan tenda. Selain itu juga, ada bantuan berupa perlengkapan penunjang kesehatan bagi warga korban selama di pengungsian, seperti peralatan mandi. Untuk menyalurkan bantuan tersebut, XL Axiata akan berkoordinasi dengan aparat terkait, termasuk juga dengan tim relawan. Bantuan lainnya berupa dukungan teknis penyediaan sarana telekomunikasi dan akses internet gratis. Perangkat-perangkat ini akan ditempatkan di lokasi yang paling membutuhkan sehingga selain bisa dimanfaatkan oleh warga, juga bisa pula dipergunakan oleh aparat penanganan bencana. Selanjutnya, bagi pelanggan yang hendak memberikan donasi bagi korban gempa Lombok, XL Axiata juga telah menyiapkan program “SMS Donasi”. Pelanggan bisa memanfaatkan sarana ini untuk membantu para korban dengan pulsa XL atau AXIS miliknya sebesar Rp 1000-Rp. 200.000. Caranya adalah kirim SMS ke 6116: Donasi<spasi>PEDULILOMBOK<spasi>nominal (1000 - 200.000). Atau via umb: *123*6116# pilih PEDULILOMBOK dan ikuti petunjuknya. Hasil donasi pelanggan ini selanjutnya akan XL Axiata salurkan dalam bentuk program bantuan yang disesuaikan dengan kebutuhan korban. (asd/rls/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: