Beredar Isu Tsunami 28 Desember, Warga Mamuju Mengungsi ke Perbukitan

Beredar Isu Tsunami 28 Desember, Warga Mamuju Mengungsi ke Perbukitan

Puluhan warga di Kabupaten Mamuju , Provinsi Sulawesi Barat , berbondong-bondong mengungsi ke atas perbukitan , di kawasan Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro Kapulauan, Kamis (27/12/2018) sore. Mereka mengungsi setelahmerebaknya isu tsunami yang akan menerjang kawasan itu pada Jumat (28/12/2018) besok. Perbukitan yang ditempati warga untuk sementara berjarak sekitar 300 hingga 500 meter dari rumah-rumah mereka yang berada di pinggir pantai di kawasan Kelurahan Rangas. Lokasi tersebut hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki dengan menyusuri kawasan hutan, dengan kondisi jalan yang cukup terjal dan licin. \"Kami mengungsi karena ada isu akan terjadi tsunami besok (Jumat),\" kata seorang warga yang mengungsi, Edi seperti dilasnir dari Antara. Edi menerangkan, ada sekitar 20 Kepala Keluarga (KK) yang mengungsi. \"Disini ada 20 Kepala Keluarga yang tinggal. Kami akan bertahan hingga situasinya dianggap aman,\" tutur Edi. Warga lainnya Dewi mengatakan, ikut mengungsi bersama orang tuanya setelah ada informasi 28 Desember, wilayah Kabupaten Mamuju akan dilanda tsunami. Dewi menyebut warga sudah membangun tenda sejak Selasa (25/12). \"Kami menginap di sini sejak kemarin (Rabu) karena takut terjadi tsunami. Kami akan bertahan sampai kondisinya dianggap aman,\" ucap Dewi. Dewi menerangkan, warga yang berada di tenda pengungsian pada siang hari hanya perempuan dan anak-anak, sementara laki-laki menjaga rumah-rumah sambil melihat situasi. \"Kalau siang, hanya perempuan dan anak-anak berada di tenda sementara yang laki-laki menjaga rumah-rumah yang kami tinggalkan dan malam baru kesini,\" terang Dewi. Di Kelurahan Rangas tambah dia, terdapat empat titik pengungsian yang dibangun warga. Sementara, warga yang tidak mengungsi bernama Burhan mengaku khawatir terkait isu akan terjadi tsunami pada 28 Desember 2018. \"Saya bersama beberapa warga lainnya masih bertahan karena kurang percaya dengan isu itu. Tapi kami juga tetap waspada jika memang terjadi gelombang tinggi. Sebagian warga memang sudah membangun tenda di atas bukit tetapi kalau siang, para pria kembali ke rumah dan malam baru kembali ke tenda pengungsian,\" kata Burhan. Pemerintah setempat, kata Burhan, belum pernah memberikan imbauan kepada masyarakat terkait isu tsunami 28 Desember 2018 itu. \"Belum ada imbauan dari pemerintah terkait isu tersebut sehingga warga semakin resah dan mengambil inisiatif untuk mengungsi,\" tutur Burhan. Sementara, diketahui enam tenda pengungsian telah dibangun di wilayah pegunungan Lingkungan Rangas, Kelurahan Simboro, Kecamatan Simboro, Kabupten Mamuju, Sulbar, hingga pagi Rabu, (26/12/2018). Mereka takut tsunami.

Tenda pengungsian berada sekitar 200 meter dari pemukiman warga. Tepat pada bagian pegunungan Rangas.
Salah satu warga Rangas, Najma (47) mengatakan, ini tenda pengungsian yang dibuat untuk antisipasi tsunami. “Katanya memuncak di tanggal 28 Desember. Banyak mi na bicara masyarakat dan ada juga di facebook,” ujarnya saat ditemui FAJAROnline.
Najma membuat tenda ke-6 dengan ukuran lebar sekitar 3 meter dan panjang 2 meter. Tenda ibu sembilan anak itu berada lebih rendah dari lima tenda lainnya karena tenda sebelumnya telah dibuat sejak, 24 Desember kemarin.
Bahkan, tenda pengungsian beratap terpal plastik dengan panjang 30 langkah kaki orang dewasa itu tertata rapi. Toilet pun sudah ada.
(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: