Indosat Ooredoo di Momen Ramadan dan Lebaran, Pastikan Jaringan 4G Plus Layani Masyarakat

Indosat Ooredoo di Momen Ramadan dan Lebaran, Pastikan Jaringan 4G Plus Layani Masyarakat

Momen Ramadan dan Lebaran, volume berkomunikasi sebagai wujud silaturahmi kepada sanak saudara dan teman, meningkat. Indosat Ooredoo berkomitmen untuk terus melayani pelanggan dan masyarakat di momen-momen istimewa tersebut. Tentunya, melalui kesiapan layanan dan jaringan telekomunikasinya, agar masyarakat tetap dapat berkomunikasi dengan baik dan lancar. INDOSAT Ooredoo telah menyiapkan kapasitas jaringannya untuk dapat mengantisipasi kenaikan trafik telekomunikasi yang selalu meningkat di masa-masa Ramadan dan perayaan Lebaran. Seiring dengan tren digital dan penggunaan media sosial masyarakat yang terus meningkat, kesiapan kapasitas layanan data menjadi hal yang sangat penting. Karena perusahaan telah meningkatkan kapasitas data menjadi 18.4 Terabyte/hari. Kapasitas data yang disiapkan ini, untuk memenuhi puncak kenaikan trafik data yag diprediksi meningkat sebesar 15-20 persen. Sementara untuk kapasitas layanan SMS disiapkan hingga 975 juta SMS/hari. Dan kapasitas layanan suara disiapkan hingga 37 juta Erlang/hari. Kedua trafik suara dan SMS ini juga sudah diperhitungkan untuk prediksi peningkatkan trafik yang mungkin terjadi. Pihaknya sangat memahami kebutuhan telekomunikasi yang andal selama masa-masa peningkatan trafik telekomunikasi. Seiring dengan meningkatnya aktivitas masyarakat selama Ramadan dan Lebaran. Kesiapan kapasitas jaringan telekomunikasi ini, juga didukung dengan penggelaran infrastruktur jaringan 4G Plus yang semakin meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan berkomunikasi di jaringan Indosat. “Penambahan sumber daya yang akan melakukan monitoring jaringan, menjadi komitmen kami untuk memastikan kenaikan trafik telekomunikasi dapat kami antisipasi semakin baik di momen penting tersebut,” papar Sales Area Manager Cirebon, Teddy Hexananta. Kesiapan jaringan Indosat Ooredoo untuk Ramadan dan Lebaran, ditunjukkan melalui kegiatan uji jaringan yang telah dilakukan di kota-kota tujuan mudik utama di seluruh Indonesia. Ini merepresentasikan kantong-kantong mudik yang memiliki potensi terjadinya kepadatan tujuan mudik dan kenaikan trafik telekomunikasi cukup tinggi. Uji jaringan dilakukan di berbagai spot pusat keramaian yang biasa terjadi kepadatan masyarakat saat Ramadan dan Lebaran. Seperti stasiun, bandara, pasar, tempat-tempat wisata dan lainnya. Uji jaringan tersebut dilakukan terhadap kualitas sinyal serta kecepatan akses internet/data yang bisa dinikmati pelanggan dan masyarakat pada masing-masing lokasi. Dalam uji jaringan tersebut juga, menunjukkan coverage jaringan 4G Plus secara kontinyu di sepanjang rute antar spot, yang dilakukan melalui berbagai aktivitas layanan yang biasa dilakukan pelanggan. Seperti download, live streaming, YouTube, dan video call. Dari hasil pengetesan menunjukan bahwa sepanjang rute yang dilalui, aktivitas streaming berjalan dengan baik dan tanpa buffering. Selama uji jaringan, Indosat juga dilakukan pengetesan kualitas suara (voice) dengan metode pengukuran MOS (Mean Opinion Score) yang menunjukan bahwa 4,47 persen area yang diukur, menghasilkan tingkat excellent (maksimum skor dimana nilai MOS 4-5). Rentang penilaian metode pengukuran MOS sendiri adalah 1-5, di mana angka 5 menunjukan hasil excellent. Hasil ini sekaligus menunjukan bahwa kualitas suara layanan Indosat Ooredoo berada pada tingkat terbaik. Tidak hanya meningkatkan kapasitas jaringan, kondisi jaringan telekomunikasi juga dipantau selama Ramadan dan Mudik Lebaran melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) dan Indosat Service Operation Center (i-SOC). Sebagai pusat monitoring seluruh jaringan dan layanan secara nasional. Monitoring jaringan secara lebih intensif juga dilakukan melalui Command Center yang akan beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah masa Mudik Lebaran. Untuk mengidentifikasi secara proaktif melalui tim Performance Monitoring. Bahkan sebelum sebuah gangguan berimbas bagi pelanggan, dan secara reaktif melalui tim Customer Service. Sehingga, bila ada kendala dapat diselesaikan sesegera mungkin. \"Di Cirebon, untuk semakin mendekatkan diri serta memenuhi kebutuhan pelanggan masyarakat Cirebon dan sekitarnya terhadap layanan Indosat, kami membuka tenda penjualan dan pelayanan “Rumah 4G” di Sambal Layah Kesambi (di sebelah sebelah Superindo) dari tanggal 15 Mei 2019 sampai dengan 4 Juni 2019,\" tambahnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: