2020, Infrastruktur Internet Masuk Semua Desa

2020, Infrastruktur Internet Masuk Semua Desa

CIREBON - Semua pekerjaan di Pemerintahan Desa (Pemdes) mulai dari laporan keuangan, hingga penyusunan APBDes telah menggunakan aplikasi berbasis Informasi Teknologi (IT). Di Kabupaten Cirebon, seluruh pemdes sudah menggunakan IT karena memang tuntutan pekerjaan.

Kepada Radar Cirebon, Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cirebon, Nanan Abdul Manan STTP MSi menyampaikan, seluruh desa di Kabupaten Cirebon sudah terpasang internet. Penggunaan internet dinilai vital, karena merupakan tuntutan pekerjaan di era digital.

“Sekarang pekerjaan-pekerjaan seperti penyusunan APBDes itu menggunakan aplikasi yang berbasis IT. Pelaporan-pelaporan juga sama,” ujar Nanan.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon melalui DPMD, mempunyai tugas untuk mempercepat infrastruktur internet masuk ke desa. DPMD menargetkan tahun 2020 ini infrastruktur internet sudah masuk ke semua desa di Kabupaten Cirebon. Menurut Nanan, rencana tersebut telah didukung pula dengan adanya penandatanganan MoU antara PT Telkom dengan Pemkab Cirebon.

Dikatakannya, untuk poin MoU yang sudah ditandatangani kedua belah pihak, yakni PT Telkom akan membangun jaringan fiber optik ke seluruh kantor desa. Sehingga, desa-desa bisa memanfaatkannya untuk pelayanan berbasis aplikasi. “Jadi, nanti pelayanan di desa akan berbasis aplikasi semua. Kita akan dorong ke sana,” papar Nanan.

Selain pelayanan, tambah Nanan, penyusunan APBDes dan semua laporan keuangan juga akan menggunakan aplikasi berbasis IT. Ke depan, DPMD juga akan mendorong penggunaan website desa sebagai sarana informasi dan promosi desa untuk mempublikasikan potensi-potensi yang ada di desa.

“Nanti desa bisa mempromosikan atau mempublikasikan potensi-potensi desa lewat website desa. Dan dari 412 desa, semua sudah mempunyai webiste resmi yang terakses di cirebonkab.go.id,\" tukasnya. (via)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: