Perempuan Dominasi Penderita Kanker

Perempuan Dominasi Penderita Kanker

CIREBON - Tren penderita kanker di Kabupaten Cirebon meningkat. Pasalnya, sering ditemukan kasus baru di Kabupaten Cirebon. Mengingat, korelasinya dengan pembiayaan yang tinggi.

Demikian disampaikan Ketua Bidang Registri dan Penelitian Kanker Yayasan Indonesia Kabupaten Cirebon, dr M Luthfi SpPD FINASIM MMRS, saat mengisi seminar sehari pencegahan HIV/Aids dan Kanker, di sekretariat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon, kemarin (17/2).

Meskipun tren penderita kanker naik, kata Luthfi, belum ada data pastinya. Namun, jika dilihat dari prevelensi penyakit kanker paru dan usus besar. Estimasinya sekitar 400 orang penderita kanker paru-paru.

Sedangkan kanker usus 300 orang. Sementara, kanker payudara ada 800 orang, dan kanker servik ada 400 orang. Itu jika dilihat dari 2 juta penduduk Kabupaten Cirebon. Yang trennya adalah penderita kanker payudara dan usus.

\"Untuk di tingkat nasional, trennya kanker paru-paru dan usus besar. Namun, untuk Kabupaten Cirebon penderita didominasi perempuan yakni kanker payudara dan serviks. Sedangkan, kanker usus penderitanya seimbang antara laki-laki dan perempuan,\" tuturnya.

Menurutnya, penyebab kanker dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan. Biasanya, gejala kanker itu muncul benjolan pada bagian tubuh, seperti di payudara, perut, tulang, leher. Ketika melihat gejala itu, langsung konsultasi ke dokter untuk mengetahui jenis kanker tersebut jinak atau ganas.

Selain benjolan, sambung Luthfi, jenis kanker lainnya adalah kanker leukimia atau kangker sel darah putih. \"Jenis kanker ini pengobatannya sangat berat. Biasanya jenis kanker ini diketahui setelah dilakukan pemeriksaan laboratorium,\" tandasnya.

Karena itu, tambah dia, sosialisasi ini dilakukan dalam rangka pencegahan dan deteksi dini penyakit kanker. Yang kebetulan bertepatan dengan hari kanker sedunia. Sebagai bentuk waspada, masyarakat harus bisa menjaga pola hidup sehat, dan mengurangi stress.

Dimulai dari makanan sehat tanpa pengawet, tidak merokok, tidak berganti-ganti pasangan, makanan berlemak, dan alkohol.  (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: