Baksos IPPMK, Bentuk Pengabdian ke Lemah Cai

Baksos IPPMK, Bentuk Pengabdian ke Lemah Cai

KUNINGAN - Ikatan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Kuningan (IPPMK) Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi), melaksanakan bakti sosial (baksos) di Desa Padarama Kecamatan Ciawigebang. Kegiatan tersebut sebagai bukti pengabdian mahasiswa Kuningan di luar daerah kepada Lemah Cai.

Baksos IPPMK, telah dibuka oleh Wakil Bupati Kuningan HM Ridho Suganda SH MSi, Senin (17/2) lalu. Hadir dalam pembukaan tersebut, Ketua TP PKK Kuningan Hj Ika Acep Purnama SSos, unsur Muspika Ciawigebang, jajaran aparat pemerintahan Desa Padarama, serta undangan lainnya.

Para mahasiswa asal Kuningan yang saat ini sedang menimba ilmu di berbagai kampus wilayah Jadetabek tersebut, rutin menggelar baksos sebagai aplikasi salah satu program unggulan IPPMK. Ikut andilnya mereka untuk berkontribusi terhadap daerah yang sangat mereka cintai, Kabupaten Kuningan.

Ketua Umum IPPMK Jadetabek Iif Abdul Rouf menuturkan, sebagai mahasiswa Kuningan yang berada di perantauan, harus bisa berkontribusi terhadap lingkungan sosial di Kuningan dalam berbagai bidang, baik pendidikan, sosial, dan juga lainnya. Ia mengatakan, tidak ada batasan jarak untuk menuntut ilmu, mau jauh ataupun dekat, karena yang terpenting saat berada jauh, jangan sampai lupa jalan pulang.

“Kita sebagai mahasiswa Kuningan yang menuntut ilmu di perantauan, sudah menjadi kepatutan untuk bisa berkontribusi nyata dalam membangun sumber daya manusia dan kotanya sendiri. Ini sebagai bukti pengabdian kami kepada masyarakat,” tuturnya, kemarin (19/2).

Sementara itu, Kepala Desa Padarama Suhaman mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kedatangan para mahasiswa dalam wadah IPPMK untuk kegiatan baksos di desanya. Menurutnya, mengabdi kepada masyarakat merupakan salah satu bentuk kepedulian untuk mencapai visi dan misi Kabupaten Kuningan.

“Terima kasih atas kedatangan para mahasiswa dari IPPMK Jadetabek untuk kegiatan baksos di desa kami. Kami patut mengapresiasi kepada mahasiswa yang sudah bisa berkontribusi terhadap kampung halamannya sendiri, serta utamakan komunikasi dalam setiap kegiatan,” kata Suhaman.

Atas nama Pemdes Kadurama, Suhaman mengaku sangat bangga dan mengapresiasi terhadap program yang diadakan oleh pengurus IPPMK Jadetabek dalam baksos yang akan dilaksanakan selama sepekan ke depan. Ia pun memastikan seluruh perangkat desa siap membantu kegiatan baksos IPPMK tersebut.

“Jangan sungkan untuk datang ke kantor desa untuk keperluan yang berhubungan dengan desa, berkoordinasi ke kantor desa. Karena sekarang dalam ruang lingkup lingkungan Desa Padarama merupakan tanggung jawab kami. Maka dari itu harus memberikan informasi kepada desa,” pesan Suhaman.

Sementara itu, sejak pembukaan, IPPMK telah menggelar sejumlah kegiatan, seperti perpustakaan keliling bekerjasama dengan pihak Dinas Perpustakaan Kuningan, pelatihan kerajinan bersama warga, bazar pakaian murah, serta sejumlah kegiatan lainnya. (muh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: