Sungai Meluap Diguyur Hujan, Banjir Kembali Terjang Desa Bugel

Sungai Meluap Diguyur Hujan, Banjir Kembali Terjang Desa Bugel

INDRAMAYU - Banjir kembali menerjang Desa Bugel, Kecamatan Patrol, Kabupaten Indramayu, Kamis (20/2). Namun, kali ini tidak separah dengan kejadian banjir bulan lalu.

Banjir akibat luapan sungai Bugel tersebut hanya merendam permukiman warga dan jalan. Ketinggian air mencapai sekitar 40 sentimeter.

Sarkam, warga korban banjir mengatakan, selain hujan yang mengguyur sejak Rabu (10/2) malam, sungai Bugel meluap karena banjir kiriman dari wilayah selatan. Desa Bugel yang terena dampak banjir, yakni Blok Sukawera, Karangmalang dan Plawad.

“Karena sebagian wilayah Kecamatan Patrol, bahkan dari Anjatan pembuangannya ke sini (Bugel, red). Sungai Bugel tersebut merupakan pembuangan sentral. Ditambah lagi semalam hujan, ya terjadi banjir di desa kami,” ujarnya.

Sundarih, warga lainnya mengatakan, wilayahnya merupakan langganan banjir. Hampir setiap tahun, ketika musim penghujan terjadi banjir. Penyebabnya akibat sungai Bugel mengalami pendangkalan dan penyempitan.

“Kami berharap, sungai Bugel dikeruk, agar kalau hujan airnya tidak meluap ke darat dan terjadi banjir di desa kami. Memang banjir kali ini tidak separah bulan kemarin. Tapi, kami tetap waswas, karena khawatir terjadi banjir besar. Apalagi pada waktu 2014 lalu, banjirnya besar sekali,” kata Sundarih.

Sementara Camat Patrol, Teguh Budiarso mengatakan, Pemerintah Desa Bugel, kini tengah melakukan inventarisasi rumah warga yang terendam. Pada kejadian banjir kali ini tidak ada warga korban banjir yang dilakukan evakuasi.

“Hanya beberapa rumah warga yang terendam. Warga masyarakat juga masih tetap melakukan aktivitasnya seperti biasa. Meskipun agak sedikit terganggu akibat dampak dari banjir tersebut,” ujar Teguh saar neninjau lokasi banjir bersama Kapolsek Patrol AKP Rukman serta Danramil Kapten CZI Samsudin.

Kendati demikian, Forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkopimcam) Patrol, mengerahkan personelnya untuk siaga di lokasi banjir. Forkopimcam juga berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu sebagai antisipasi. (kom)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: