21 Pasangan di Kota Cirebon Menikah di Tanggal Cantik 20-02-2020

21 Pasangan di Kota Cirebon Menikah di Tanggal Cantik 20-02-2020

CIREBON - Hari ini, 20 Februari 2020 (20/02/2020) masuk komposisi angka yang disebut tanggal cantik. Banyak orang memilih tanggal tersebut untuk melangsungkan momen yang memiliki nilai historis, salah satunya melakukan pernikahan. Puluhan pasangan telah mendaftar dan dijadwalkan melakukan akad nikah di tanggal tersebut.

Kepala Seksi Binmas Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Cirebon, Slamet, menjelaskan, laporan yang masuk dari kantor urusan agama (KUA) di lima kecamatan mencatat bahwa pada tanggal 20-02-2020 tersebut terdapat 21 pasangan yang dijadwalkan melangsungkan akad nikah.

Jumlah tersebut, di antaranya tersebar di Kecamatan Kesambi 3 pasang, Harjamukti 6 pasang, Lemahwungkuk 6 pasang, Pekalipan 2 pasang, dan Kejaksan 4 pasang. Sebetulnya jumlah ini menurun kalau dibanding dengan tanggal cantik 2 Februari 2020.

“Waktu itu di Kecamatan Harjamukti saja ada 11 pasang, tapi kalau dibanding tanggal normal sih memang ada kenaikan,” ujar Slamet, kepada Radar Cirebon, Rabu (19/2).

Dia menjelaskan, untuk pelayanan penghulu memandu akad nikah tersebut sebetulnya tidak terlalu kewalahan. Sebab di setiap KUA terdapat 2 penghulu, kecuali di KUA Harjamukti 4 penghulu karena wilayahnya luas. Setiap penghulu, kapasitas maksimal memandu pernikahan setiap harinya 6 pasang.

Sedangkan, setiap KUA dapat menerima layanan memandu akad nikah maksimal 12 pasang per hari. “Kalau waktunya, tergantung permintaan. Bisa dari pagi sampai malam. Yang jelas, satu penghulu memiliki kemampuan maksimal memandu akad nikah 6 pasang per hari,” imbuhnya. (azs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: