Begini Opsi Pemerintah Menjemput Puluhan WNI yang Menjadi Kru Kapal Diamond Princess

Begini Opsi Pemerintah Menjemput Puluhan WNI yang Menjadi Kru Kapal Diamond Princess

Pemerintah menyiapkan beberapa opsi untuk memulangkan 74 WNI, awak kapal Diamond Princess. Mereka akan dipulangkan usai dikarantina di Yokohama, Jepang, akibat wabah virus corona.

===================

MENTERI Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhajir Effendy mengatakan Presiden Jokowi akan segera memutuskan opsi memulangkan 74 WNI yang telah dinyatakan negatif virus corona. Muhajir mengaku sudah menghadap langsung Presiden Jokowi, menyampaikan kondisi terkini para WNI itu.

“Saya sudah menghadap Presiden dan menyampaikan opsi. Bapak Presiden akan mempertimbangkan 1-2 hari ini. Keputusan di tangan beliau. Saya yakin Presiden akan mempertimbangkan dengan jernih,” kata Menteri Muhajir di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (20/2).

Diketahui, empat dari 78 WNI yang merupakan awak kapal Diamond Princess dinyatakan terpapar virus corona dan sedang menjalani perawatan di Jepang.

“Kalau yang sakit tidak boleh dievakuasi. Kan harus dirawat di sana. Ini yang dievakuasi yang sehat. Cuma kasusnya agak beda di Wuhan dengan yang di kapal ini,” katanya.

Muhadjir juga mengatakan perlakuan pemulangan para WNI tersebut berbeda ketika mengevakuasi ratusan WNI dari Hubei, China.

“Yang di kapal itu sehat, tapi tetap harus ada observasi, bahkan mungkin akan beda perlakuannya dibanding WNI yang dari Wuhan,” ungkapnya.

“Bedanya mereka berada di kapal bukan di daratan kan. Nanti observasinya kemungkinan di Natuna. Tadi kami sudah mengajukan beberapa opsi kepada Bapak Presiden, dan masih akan dipertimbangkan,” tambah Muhadjir.

Terkait transportasi yang akan digunakan, Muhadjir mengatakan dengan kapal rumah sakit KRI Soeharso. “Kita sudah hitung berapa keuntungan dan kelemahannya. Opsi lainnya akan dijemput lewat udara. Tapi secara detil belum bisa kita sampaikan,” katanya.

Sedangkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengaku masih harus melakukan pengecekan semua perlengkapan sebelum memutuskan mengevakuasi WNI.

“Tunggu saja sebentar. Kita harus mengecek semua perlengkapannya, termasuk kapal kita cek,” kata Terawan.

Sementara Presiden Jokowi mengatakan pemerintah masih terus membahasnya dengan otoritas Jepang terkait pemulangan WNI. Di sisi lain, Presiden juga mengatakan KBRI di Jepang terus memantau WNI yang positif terjangkit virus corona di kapal pesiar Diamond Princess.

“Sampai saat ini saya telah menerima info ada empat yang positif kena virus corona di kapal pesiar Diamond Princess yang ada di Jepang. Itu sudah dibawa ke RS di Jepang. KBRI selalu memantau itu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: