Siaga Bencana sampai Akhir Maret

Siaga Bencana sampai Akhir Maret

CIREBON - Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kota Cirebon dalam status siaga bencana menghadapi curah hujan tinggi.

Posko Bencana masih didirikan di Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti, untuk mempercepat penanganan dan antisipasi bencana. 

Kepala KPBD Kota Cirebon, Ir Agung Sedijono MSi mengatakan, siaga bencana masih berlangsung sampai akhir Maret. Untuk Kota Cirebon yang patut diwaspadai adalah meluapnya kembali Kali Pacit di Kelurahan Kalijaga.

Tidak hanya itu, sebagai bentuk kesiap siagaan KPBD, setiap keadaan cuaca selalu dilakukan monitoring. Termasuk melakukan komunikasi dengan informan di sekitar titik rawan bencana. Hal itu penting ketika memerlukan penanganan khusus, minimal informasi dini.

“Yang paling penting lagi, kita aktif membangun komunikasi dengan informan daerah hulu. Termasuk dengan BPBD Kabupaten Kuningan,” kata Agung, kepada Radar Cirebon, Jumat (21/2).

Beberapa hal yang diinstruksikan walikota, kata Agung, telah dilakukan dalam status siaga bencana. Tentu bersama dengan instansi pendukung lain, termasuk TNI-Polri.

Saat ini, tiga lokasi rawan bencana banjir berada di tiga daerah yakni, Kelurahan Kaliaga, Kelurahan Drajat dan Pegambiran. (abd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: