Stok Darah PMI Masih Aman

Stok Darah PMI Masih Aman

CIREBON – Pasien yang memerlukan transfusi darah tidak perlu khawatir. Stok darah yang tersedia di UTD PMI Kota Cirebon aman hingga beberapa hari ke depan.

Petugas Aftap UTD PMI Kota Cirebon, Djuki Bawareksi menjelaskan, ketersediaan stok darah didapatkan dari hasil donor sukarela maupun donor keliling yang dilakukan ke beberapa tempat.

Jumlah total stok darah hingga kemarin mencapai 698 labu. Darah jenis B paling banyak stoknya hingga mencapai 317 labu. Stok darah O juga cukup banyak mencapai 209 labu, stok darah A sebanyak 119 labu, dan stok darah AB ada di kisaran 53 labu.

Alhamdulillah, stoknya sampai saat ini masih aman. Selain pendonor sukarela, kita juga melakukan donor keliling ke instansi-instansi. Kemarin di perbankan kita dapat 350 labu dalam satu hari,” ujar Djuki, kepada Radar Cirebon, Jumat (21/2).

Untuk kebutuhan permintaan darah, pihaknya bias melayani permintaan 70-100 labu darah per hari. Stok darah yang tersedia juga bahkan seringkali diminta oleh pasien dari luar daerah. Sebab, ada saja kasus di daerah lain membutuhkan golongan darah tertentu.

Stok darah yang cukup banyak ini memang harus segera didistribusikan. Sebab, darah hasil donor hanya bisa ditransfusikan paling lama 35 hari dari waktu pendonoran dan proses pengolahan. (azs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: