BUMDes Perhatikan Perajin Bata Merah

BUMDes Perhatikan Perajin Bata Merah

MAJALENGKA-Sebagian warga di wilayah utara Kabupaten Majalengka beralih profesi menjadi perajin bata merah. Hal itu pun menjadi perhatian para pemerintah desa. Salah satunya Pemerintah Desa Sukawera, Kecamatan Ligung. Pemdes Sukawera memberikan penyertaan modal usaha yang disalurkan kepada BUMDes setempat untuk bisa dikelola untuk meningkatkan kualitas perajin bata merah.

\"Sumbernya dari dana desa. Jumlah penyertaan modal yang disalurkan ke BUMDes mencapi Rp50 juta dan dana tersebut harus digunakan untuk modal usaha. Salah satunya mengembangkan jenis usaha yang melibatkan perajin bata,” ungkap Sekertaris Desa Muhamad Basyir SPdI.

Dirinya menjelaskan alasan dana tersebut disalurkan bukan hanya untuk meningkatkan pendapatan asli desa. Melainkan juga untuk peningkatan sumber daya manusia, khususnya bagi masyarakat yang tidak mampu.

”Kami juga berharap dana yang disalurkan ini bisa dikelola BUMDes dengan baik dan dapat mengurangi tingkat kemiskinan yang ada di Desa Sukawera,” jelasnya.

Aab Adullah Baidowi, salah satu pengurus BUMDes sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan pemerintah desa. Karena dengan adanya dana tersebut, BUMDes bisa memberikan penyertaan modal bagi para perajin bata merah. Dengan begitu diharapkan produksi meningkat dan berujung pada peningkatan pendapatan. Selain itu, penyertaan modal ini juga menghindarkan para perajin bata merah dari transaksi pinjaman dari rentenir keliling.

“Apalagi saat ini rentenir keliling sangat marak di lingkungan para perajin bata dan ini sangat merugikan,” jelasnya.

Kang Aab sapaan akrabnya menambahkan salah satu keuntungan yang didapatkan ketika BUMDes menyalurkan dana ialah hasil dari produksi bata merah bisa meningkatkan omzet pendapatan bumdes.

“Karena nantinya jika omzet BUMDes meningkat, akan digunakan untuk mengembangkan jenis usaha lainnya yang dikelola BUMDes. Karena kedepannya kita akan terus berupaya melakukan perbaikan pengelolaan agar BUMDes lebih baik dan bisa mandiri,” tambahnya.(bae)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: