Mahasiswa UGJ Latih Pelaku UMKM di Sitiwinangun Susun Laporan Keuangan dan Pembuatan Anggaran

Mahasiswa UGJ Latih Pelaku UMKM di Sitiwinangun Susun Laporan Keuangan dan Pembuatan Anggaran

CIREBON - Mahasiswa Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) yang sedang kuliah kerja nyata (KKN) mengadakan pelatihan penyusunan laporan keuangan dan pembuatan anggaran bagi warga Desa Sitiwinangun, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, Sabtu-Minggu (22-23/2). Kegiatan dua hari itu merupakan bagian dari bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat.

Pelatihan diikuti perajin gerabah dan ban, dan lainnya. Sementara pemateri yang melatih merupakan dosen pakar dari UGJ. Tiga pemateri hadir dalam pelatihan adalah Juwenah SE MAcc Ak, Siti Nur Hadiyati SE MSi Ak CA, dan Irwan Sutirman W SE MM MAk Ak CA.

Menurut Ketua KKN Desa Sitiwinangun, Rafie Husen Muhammad Abdillah, Desa Sitiwinangun memilik banyak pelaku usaha mikro dan kecil menengah (UMKM). Sehingga pelatihan yang diadakan terkait penyusunan laporan keuangan dan pembuatan anggaran.

Rafie mengatakan, pelatihan penyusunan laporan keuangan dan pembuatan anggaran penting bagi pelaku UMKM. Karena bisa meningkatkan daya saing tinggi bagi pelaku UMKM.

“Supaya pelaku UMKM dapat mengelola keuangan produksi mereka dengan baik. Sehingga bisa memajukan usaha yang mereka kelola,” kata Rafie.  

Rafie menambahkan, pasca pelatihan pemateri dan mahasiswa KKN mengadakan evaluasi. Para pemateri meminta kepada peserta KKN untuk mengawal sampai selesai masa pengabdian.    “Semoga yang akan datang, sistem pengelolaan keuangan para perajin di Sitiwinangun tersusun secara sistematis dan baik,” harapnya. (hsn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: