Belajar di Rumah, Hari Ini Materi IPS SMA

Belajar di Rumah, Hari Ini Materi IPS SMA

CIREBON- Guna memfasilitasi siswa/i yang kini diliburkan dari sekolah, Neutron Jogjakarta Cabang Cirebon bekerjasama dengan Radar Cirebon TV dan Dinas Pendidikan Kota Cirebon menggelar program Belajar Online melalui tayangan reguler yang ditayangkan di RCTV.

Program ini ditayangkan langsung setiap hari kecuali hari Minggu pukul 15.00 WIB hingga 16.00 WIB dengan berbagai materi yang berbeda.

Manager Neutron Jogjakarta Cabang Cirebon, Muhammad Rizal SIP menuturkan, pembelajaran ini digelar untuk mengisi kekosongan belahar di rumah untuk siswa/i yang diliburkan. Dalam program ini pihaknya mengajak para siswa khsuusnya SD, SMP, dan SMA untuk belajar bersama Neutron. \"Soal yang kami bahas mulai dari soal UN dan UTBK juga soal-soal TOEFL untuk masuk sekolah kedinasan,\" tuturnya.

Untuk materi khusus yang dibahas sendiri berbeda setiap harinya. Kamis (19/3) Bahasa Inggris dan Jumat (20/3) materi yang akan dibahas adalah IPS SMA. Sejauh ini antusias masyarakat pun cukup baik akan program belajar bersama Neutron ini. Pihaknya pun berharap program ini bisa dimanfaatkan oleh para siswa. \"Program ini akan berjalan hingga 28 Maret, kami berharap program ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin,\" tukasnya.

Sementara itu, salah satu pengajar Neutron Jogjakarta Cabang Cirebon yang memberikan materi bahasa Inggris pada kesempatan tersebut, Susadtyo SS mengungkapkan tipe-tipe soal baru di ujian bahasa inggris akan lebih banyak ditemui.

Dalam reading section misalnya, akan menekankan pada critical reading. Materi reading ini bukan lagi soal rumus menjawabnya namun mengarah pada pendekatnnya yakni penalaran kritis dan logis. Siswa diminta untuk berfikir lebih kritis dalam mendapatkan suatu bacaan, seperti contoh soalnya yakni mencari kandungan cerita, implikasi dari cerita hingga siap yang memungkinkan membaca soal tersebut. \"Kisi-kisi untuk reading sendiri ada 4 yakni topic of the text, porpoise, synonym dan antonim, juga mencari content atau kandungan cerita,\" terangnya.

Ia juga menambahkan dalam soal SBMPTN hanya terdiri dari 2 BAB yakni explanation dan exposition namun pertanyaan akan lebih mendalam seperti soal analisis. \"Soal analisis ini sama seperti soal pada TOEFL,\" tukasnya. (apr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: