Warga Sindangkasih Inisiatif Semprot Disinfektan

Warga Sindangkasih Inisiatif Semprot Disinfektan

MAJALENGKA - Pemdes Kelurahan Sindangkasih Kecamatan Majalengka melakukan penyemprotan disinfektan guna mencegah penularan Covid-19, dan penyemprotan dilaksanakan RT 04 RW 02 dengan alat seadanya, Rabu (25/3).

Ketua RT 04 Sunandar Hariyanto mengatakan, aksi tersebut merupakan salah satu upaya untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19. Walaupun di Majalengka belum ada yang positif terjangkit virus Corona, warga lingkungan Dukuhlawi Kelurahan Sindangkasih tetap berupaya mencegah penularan virus Corona.

\"Tentu kita harus tetap waspada dan mencegah penularan virus Corona ini,\" jelas Sunandar.

Dengan hasil gotong royong dan swadaya masyarakat, sehingga penyemprotan cairan disinfektan hanya dilakukan di lingkungan RT saja.

Menurut Sunandar, cairan yang disemprotkan ke rumah-rumah warga dia racik sendiri atas petunjuk petugas kesehatan dan bahan cairannya sangat mudah didapatkan di warung-warung. Campuran bahan cairan di antaranya pembersih lantai, pemutih pakaian, pewangi baju, dan cairan karbol.

Penyemprotan cairan disinfektan sebagai langkah awal dari kesadaran masyarakat agar memiliki inisiatif tanpa menunggu langkah dari pemerintah. Dia menegaskan tidak ada salahnya ketika hal tersebut bisa dilakukan apalagi bersama warga bergotong royong, karena kalau menunggu pemerintah belum jelas kapan dilakukan.

\"Kita inisiatif sendiri, toh hal seperti ini kan hal yang urgent,\" katanya.

Sunandar juga mengimbau masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dan mencuci tangan setelah dan sebelum bepergian dari rumah agar dijauhkan dari segala penyakit khususnya virus Corona yang berdampak sekolah diliburkan, aktivitas harus dikurangi dan harus diam di rumah. (iim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: