Fasilitas Umum Desa Bandorasa Wetan Disemprot Disinfektan

Fasilitas Umum  Desa Bandorasa Wetan Disemprot Disinfektan

KUNINGAN - Pemerintah Desa Bandorasa Wetan, Kecamatan Cilimus, turut mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19) dengan menggalakkan penyemprotan cairan disinfektan ke sejumlah fasilitas umum, kemarin (26/3).

Kegiatan penyemprotan disinfektan melibatkan seluruh perangkat desa mulai dari para kasi, kadus, hingga ketua RT dan RW serta pengurus DKM. Petugas melakukan penyemprotan sejumlah fasilitas umum seperti masjid, musala, pos kamling, sekolah hingga posyandu.

\"Kami menindaklanjuti instruksi pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona dengan melakukan penyemprotan sejumlah fasilitas umum mulai dari masjid, sekolah, PAUD hingga pos kamling. Khusus untuk masjid dan musala, sebelumnya kami instruksikan agar terlebih dahulu menggulung karpetnya sebelum disemprot, kemudian tidak usah dipasang lagi, melainkan menyarankan jamaah membawa sajadah masing-masing saat salat berjamaah,\" ungkap Sekdes Bandorasa Wetan Nana Suryana kepada Radar Kuningan.

Nana mengatakan, penyemprotan disinfektan tersebut merupakan inisiatif Pemerintah Desa Bandorasa Wetan. Oleh karena itu, cairan disinfektan yang digunakan pun merupakan hasil racikan sendiri.

\"Sekarang banyak beredar video tutorial cara membuat cairan disinfektan dari bahan-bahan yang mudah didapat. Kemudian kita praktikkan, hasilnya didapat dua drum cairan disinfektan untuk kita semprotkan ke tempat-tempat fasilitas umum tersebut,\" lanjut Nana.

Sambil melakukan penyemprotan, kata Nana, para petugas juga melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat tentang bahaya corona. Di antaranya ajakan untuk tetap tinggal di rumah dan menghindari kegiatan berkerumun, berperilaku hidup sehat, rajin mencuci tangan dan melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri di rumahnya masing-masing.

\"Penyebaran virus corona sudah semakin mengkhawatirkan, oleh karena itu kegiatan penyemprotan ini kami manfaatkan juga untuk sosialisasi pencegahan dan antisipasinya. Alhamdulillah sampai saat ini Desa Bandorasa Wetan masih terbebas dari corona, dan mudah-mudahan jangan sampai ada yang terkena,\" pungkasnya. (fik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: