Butuh Kesadaran Masyarakat Cegah Corona

Butuh Kesadaran Masyarakat Cegah Corona

MAJALENGKA- Guna mencegah penyebaran virus corona, Pemdes Ligung bersama unsur kepolisian melakukan penyemprotan disinfektan ke semua fasilitas umum dan permukiman warga. Termasuk juga memberi imbauan untuk tidak panik dalam menghadapi wabah mematikan ini.

Dipimpin langsung oleh Kades Ligung Gunawan LA, tim siaga satgas pencegahan penyebaran virus corona berjibaku melakukan penyemprotan di semua titik baik di fasilitas umum seperti kantor desa, masjid, sekolah, pasar, kantor bank serta seluruh permukiman warga. 

\"Menghadapi penyebaran virus corona ini, tim satgas pencegahan dari Desa Ligung, terus berjibaku melakukan berbagai langkah pencegahan seperti memberikan informasi terkait pola hidup sehat melalui pengeras suara ataupun dengan menyebar imbauan pemerintah,” lanjutnya.

Disamping itu pula pemdes Ligung membagikan ratusan masker kepada warga, penempatan hand sanitizer berikut pemasangan kran air untuk cuci tangan, serta melakukan penyemprotan secara serentak ke seluruh wilayah Desa Ligung.

Masih dikatakannya, untuk mempersempit penyebaran covid-19, pihaknya telah memerintahkan jajaran pamong desa dibantu RT dan RW untuk terus memantau aktivitas keluar masuk warga. Bagi warga yang datang dari luar wilayah khususnya berasal dari wilayah yang sudah berstatus zona merah, mereka akan diperiksa kesehatannya serta yang bersangkutan wajib diisolasi selama 14 hari. 
\"Dari itu saya mengimbau bagi para perantau sebaiknya jangan pulang kampung terlebih dahulu, kalau mereka sayang keluarga, diam di tempat perantauan. Itu lebih baik dari pada pulang kampung. Namun apabila ada juga yang pulang kampung, maka mereka berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP),\" tutur Kades Gunawan. Ditempat yang sama Kapolsek Ligung Iptu Umang Suwarsa, mengimbau masyarakat agar mematuhi anjuran pemerintah tentang pentingnya pencegahan penyebaran covid-19. Masyarakat harus dengan kesadaran pribadi memutus mata rantai penyebaran virus yang mematikan dengan cara diam di rumah, hindari kerumunan massa serta mengedepankan pola hidup besih dan sehat (PHBS).
\"Virus corona bisa kita cegah dengan pola hidup bersih. Kita tidak boleh panik menghadapi wabah virus ini. Mari kita lawan dengan cara memutus mata rantai penyebarannya,\" pungkasnya singkat.(bae)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: