DPRD Sebar 4.000 Paket Sembako dan Masker

DPRD Sebar 4.000 Paket Sembako dan Masker

KUNINGAN – Di tengah memerangi wabah Covid-19 (virus corona), DPRD Kabupaten Kuningan menyebarkan 4.000 paket sembako, hand sanitizer dan juga masker.

Sebelum ribuan paket sembako itu dibagikan ke warga kurang mampu, lebih dulu dilakukan penyerahan secara simbolis oleh pimpinan DPRD kepada para ketua fraksi. Acara berlangsung di ruang lobi gedung DPRD, Selasa (31/3).

Tampak hadir langsung empat pimpinan dewan, terdiri dari Ketua Nuzul Rachdy SE, didampingi tiga wakilnya, Hj Kokom Komariyah, H Dede Ismail SIP MSi, dan H Ujang Kosasih MSi. Di samping itu juga hadir para Ketua Fraksi serta jajaran Sekretariat bersama Calon Sekwan H Mochamad Nurdijanto SH MSi.

Ketua DPRD Kuningan Nuzul Rachdy SE mengatakan, kegiatan tersebut merupakan baksos kemanusian DPRD Kuningan dalam rangka mengisi reses masa persidangan kedua tahun 2020, mengingat saat ini dalam kondisi merebaknya wabah corona, tidak diperbolehkan dewan melakukan pengumpulan warga.

“Atas nama pimpinan dan anggota DPRD Kuningan, saya menyampaikan rasa prihatin yang mendalam atas merebaknya wabah Covid-19 yang semakin masif ini. Termasuk mungkin Kabupaten Kuningan telah mendekati kepada ancaman,” kata Nuzul.

Untuk itulah, kata dia, DPRD Kuningan dalam mengisi reses masa persidangan kedua 2020, yang biasanya reses dengan cara bertemu dengan banyak orang, tapi karena situasi untuk tidak boleh saling berdekatan, maka polanya dilakukan dengan cara visit home atau anggota dewan mendatangi warga ke rumah-rumah.

“Ini untuk dijaga persentuhan antara kita, karena virus corona ini memang tidak terlihat, sulit untuk diprediksi. Bisa jadi di antara kita juga saling mengancam. Untuk itulah dalam pola reses kali ini, menjalankan kegiatan dengan edukasi kepada masyarakat didatangi dengan membagikan sembako, masker dan hand sanitizer,” ujarnya.

Menurut Nuzul, dampak virus tersebut bukan hanya terasa di Kuningan, Jabar, dan Indonesia saja, namun seperti diketahui bersama, hampir seluruh negara ikut terkena. Dampak tersebut tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, akan tetapi semua harus ikut berperan aktif dalam memerangi dan menangani virus mematikan ini.

“Dalam tiga hari ini, DPRD akan mendistribusikan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan. Karena dengan kondisi seperti ini banyak warga yang terdampak, ekonominya menurun, daya beli menurun, dan sebagainya. Ini sekadar kepedulian kami DPRD kepada masyarakat Kabupaten Kuningan, mulai hari ini (kemarin, red) kita akan membagikan 4.000 sembako yang akan didistribusikan langsung oleh anggota dewan yang berada di dapil masing-masing,” ucap Zul, panggilannya.

Lebih lanjut Zul mengaku yakin, walaupun sumbangsih DPRD tersebut tidak seberapa dibandingkan dengan jumlah warga Kabupaten Kuningan, pihaknya menganggap juga menganggap aksi DPRD itu hanya setetes embun untuk ikut menanggulangi kebutuhan warga Kabupaten Kuningan.

“Insya Allah ke depan kami akan melihat kondisi perkembangan, eskalasi, bilamana perlu nanti bulan depan atau dua bulan ke depan, kami DPRD siap untuk menyisihkan sebagian penghasilannya. Bahkan mengalihkan atau menyisihkan anggaran yang tidak prioritas di DPRD untuk ketahanan pangan, untuk pengadaan sembako demi penyelamatan warga Kabupaten Kuningan,” pungkas Zul.

Usai pembukaan, kemudian pimpinan dewan menyerahkan langsung bantuan sembako tersebut kepada masing-masing ketua fraksi, untuk kemudian didistribusikan oleh masing-masing anggota fraksinya kepada warga yang layak membutuhkan. Sebagian ada yang langsung didistribusikan ke warga, dan sebagiannya akan dilakukan hari ini dan Kamis besok. (muh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: