Door to Door Periksa Kesehatan Pemudik

Door to Door Periksa Kesehatan Pemudik

INDRAMAYU – Jumlah pemudik yang balik kampung meningkat beberapa hari terakhir semenjak wabah virus Corona kian meluas. Tak terkecuali di Desa Limpas, Kecamatan Patrol.

Gugus Tugas Penanganan Wabah Penyakit Pandemi Covid-19 Desa Limpas bergerak cepat dengan melakukan aksi jemput bola. Mereka door to door mendatangi rumah-rumah warga yang baru pulang kampung untuk kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh petugas dari UPTD Puskesmas Patrol.

“Langkah ini dilakukan karena saat balik kampung mereka langsung melakukan isolasi diri. Tidak keluar rumah, jadi kami yang mendatangi,” kata Kuwu Desa Limpas, Tato kepada Radar Indramayu, Jumat (3/4).

Setelah didata dan dicek kesehatanya, dia dan juga petugas meminta para warga ini nantinya tidak banyak berkeliaran dulu dan tetap menjalani isolasi di rumah masing-masing. Lalu, bila ada gejala sakit, segera diimbau ke puskesmas.

Kuwu Tato membenarkan, jumlah warganya yang balik kampung terus mengalami peningkatan. Sampai dengan kemarin, baru dilakukan pemeriksaan terhadap sekitar 60 orang pemudik. Mayoritas mereka merupakan pekerja informal seperti pedagang dan buruh pabrik. Kemudian ada pelajar dan TKI. “Ada juga yang baru balik dari penampungan TKI. Kemungkinan jumlahnya akan terus bertambah. Apalagi sebentar lagi bulan Ramadan,” ujarnya.

Dia menambahkan, Gugus Tugas Penanganan Wabah Penyakit Pandemi Covid-19 Desa Limpas tetap bersiaga dan terus melakukan imbauan. Agar warga yang baru pulang kampung segera melapor. Langkah ini untuk memudahkan pendeteksian kemungkinan adanya potensi penyebaran virus Covid-19.

“Setelah diperiksa kesehatannya, mereka juga akan terus dipantau. Terpenting, warga yang baru pulang dari luar daerah kita minta untuk mengisolasi diri selama 14 hari secara mandiri,” terang dia. (kho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: