Harga Daging Ayam Mulai Normal

Harga Daging Ayam Mulai Normal

CIREBON – Sempat drop, harga daging ayam perlahan kembali normal. Pembatasan jam operasional yang diberlakukan di seluruh pasar tradisional, supermarket dan minimarket membuat ketersediaan lebih terjamin.

Berdasarkan pantauan Rada Cirebon, Selasa (7/4) daging ayam di Pasar Induk Jagasatru dijual Rp26 ribu/kilogram. Dari yang sebelumnya turun drastis hingga di bawah Rp20 ribu/kilogram.

Kepala Pasar Induk Jagasatru, Sugandi mengungkapkan, selain daging ayam jenis lainnya relatif stabil harganya. Untuk daging sapi di kisaran Rp115 ribu. Stok daging tersebut juga diperkirakan akan aman selama adanya pembatasan jam operasional yang berkaitan dengan upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Sementara untuk harga komoditas lain, telur ayam kini dijual Rp25 ribu/kilogram. Minyak sayur menjadi Rp10.500/kilogram dari yang biasanya Rp10 ribu/kilogram.

Untuk beras kualitas sedang Rp12 ribu/kilogram. Beras kualitas premium harganya rata-rata di atas Rp12 ribu.

Sementara itu, Santi (45) salah seorang pedagang ayam potong di Pasar Kanoman mengatakan, anjloknya harga diduga karena para peternak tidak dapat memasok daging ayam ke luar daerah. Imbasnya, stok berlimpah. Mau tidak mau, pedagang harus menjual murah.

Meski dijual murah, namun pembeli juga stagnan. Kondisi ini menekan pedagang untuk banting harga. “Yang beli daging ayam potong sepi. Padahal harga sudah turun,” akunya.

Santi berharap situasi wabah virus corona cepat berlalu. Sebab, pengunjung ke pasar cukup berkurang signifikan. Masyarakat lebih banyak di rumah. (awr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: