Usaha Merchandise Lesu

Usaha Merchandise Lesu

CIREBON - Sejumlah sektor bisnis terkena dampak pandemi virus corona atau Covid-19. Salah satu yang paling berdampak adalah sektor pariwisata. Beragam usaha yang berkaitan dengan sektor pariwisata pun kini lesu, seperti salah satunya dirasakan oleh salah satu pengusaha merchandise khas Cirebon, Ingsun Cirebon.

Owner Ingsun Cirebon, Hermanto menuturkan sejak minggu pertama pandemi Corona ini, penurunan omzet cukup signifikan mencapai 90%. Di bulan April diprediksi, saat semua wisata tutup penurunan omzet pun terus terjadi. \"Sekarang pasca objek wisata ditutup, penurunan omzet sudah 100%,\" tuturnya.

Ia pun saat ini tak bisa produksi. Bahkan untuk berjualan produknya yang kini tersedia pun sulit. Ia menuturkan ini menjadi kondisi tersulit yang dihadapi di awal tahun ini.

Sebelumnya, Hermanto memulai bisnis merchandise khusus oleh-oleh Cirebon karena melihat banyaknya wisatawan di kota Cirebon. Namun seiring adanya pandemi corona, jumlah wisatawan Cirebon tak setinggi biasanya. Bahkan tak ada repeat order dari para wisatawan tersebut. Akhirnya Hermanto pun memperluas pasar dengan membuka merchandise untuk berbagai keperluan.

\"Beberapa tahun terakhir setelah memperluas target market omzetnya lumayan, namun saat ini semenjak pandemi corona, sangat sulit, bisa dibilang usaha kami ini mati untuk saat ini,\" tukasnya. (apr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: