Pemdaprov Jabar Sudah Salurkan Bansos secara Bertahap

Pemdaprov Jabar Sudah Salurkan Bansos secara Bertahap

Dari 5.237 paket bantuan yang sudah diserahkan, pihaknya mencatat ada 371 paket yang kembali ke PT Pos karena alamat Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS) tidak sesuai dengan data. Menurut Arifin, proses penyaluran disertai proses pelaporan yang ketat, di mana, kurir, baik ojek online, opang maupun petugas Pos, harus menyerahkan langsung kepada penerima.

“Si penerima menunjukkan KTP, sesuai alamat, sesuai data. Pihak kurir lalu mengambil foto penerima untuk dilaporkan lewat aplikasi yang sudah disiapkan. Yang retur itu biasanya karena ketidaklengkapan data bisa nama jalan, RT, RW-nya keliru. Sejauh ini rata-rata sesuai by name by address,” ucap Arifin.

Kang Emil juga mengatakan, penyaluran bantuan sosial dari Pemdaprov Jabar akan terus diperbaiki. “Terkait video viral ada penolakan, yang pertama tentunya kami memohon maaf dalam proses-proses seperti ini memang adalah situasi yang sulit,” katanya saat di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (23/4). Pihaknya berupaya gerak cepat menanggulangi pandemi Covid-19, termasuk di dalamnya bergerak membantu warga yang perekonomiannya terdampak.

Aan Sutisna, warga Cidamar, Kota Cimahi yang mendapat bantuan, sangat terbantu. “Terima kasih atas bantuan dari pemerintah. Mudah-mudahan bermanfaat lahir dan batin, dunia akhirat,” katanya.

Begitu juga dengan Yayan Sopian, penerima bansos di Kota Bandung. Bantuan dari Pemdaprov Jabar datang di saat pihaknya tengah membutuhkan. “Ucapan terima kasih saya pada Pak Gubernur dan Wali Kota Bandung atas bantuannya,” ujarnya.

Sementara, Herman, salah seorang ojek online di Bandung, mengaku sangat terbantu dengan kebijakan Pemdaprov Jawa Barat yang melibatkan para supir ojek untuk mendistribusikan bansos. Menurut dia, saat warga dikhawatirkan oleh penyebaran COVID-19, para pengemudi terdampak paling awal.

“Pemesanan antarpenumpang turun drastis, pemasukan tidak sebanyak kondisi normal, pemesanan layan antar makanan juga turun. Tapi alhamdulilah, sekarang diperbantukan menyalurkan bantuan, kami dapat tambahan,” singkatnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: