Situasi Jalur Pantura Cirebon yang Tak Biasa Jelang Lebaran, Tanpa Warung-warung Dadakan

Situasi Jalur Pantura Cirebon yang Tak Biasa Jelang Lebaran, Tanpa Warung-warung Dadakan

Biasanya menjelang Idul Fitri, situasi jalur pantura Cirebon tidak pernah sepi. Ribuan orang memacu kendaraan. Roda dua maupun empat. Tapi, tahun ini terasa aneh. Sepi. Tanpa pemudik. Tak ada warung-warung dadakan.

LAPORAN: DENY HAMDANI, Cirebon

YA, situasi jalur pantura Cirebon nyaris tanpa pemudik. Terutama siang hari. Tak ada aktivitas berarti dari petugas.

Yang ada hanya petugas yang sibuk pada beberapa posko check point. Pada posko ini lebih banyak memeriksa segelintir pemudik dengan standar pencegahan Covid-19.

Situasi jalur pantura Cirebon lebih didominasi oleh warga lokal yang tengah beraktivitas. “Ya ini aneh. Pantura sangat lengang. Padahal ini tinggal beberapa hari lagi lebaran. Kan biasanya sampai kita gak bisa nyeberang saking banyak pemudik. Ini sepi. Benar-benar berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,” ujar Hasan Basri, warga Mundu Pesisir, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon.

Baca Juga:

Bus Tak Beroperasi karena PSBB dan Larangan Mudik, Bhineka Rumahkan Ratusan Kru

Larangan Mudik Sudah Berlaku, Nekat Bakal Diputar Balik

Hasan mengatakan, pada siang hari tidak ada pemudik yang melintas. “Kalau dari pagi sampai sore saya belum pernah nemuin pemudik yang melintas. Ya yang banyak itu warga lokal. Ada sih motor plat Jakarta, tapi itu juga jarang sekali,” katanya.

Hasan mengungkapkan, ada beberapa pemudik terlihat melintas pada tengah malam. Namun dibanding tahun-tahun sebelumnya, situasi jalur pantura Cirebon jauh lebih sepi dan lengang.

“Ada pemudik yang lewat itu pada malam hari. Mulai jam 1 malam sampai menjelang subuh itu ada pemudik yang melintas. Ada yang pakai motor atau mobil, tapi nggak terlalu banyak. Rata-rata yang pakai motor mereka lebih banyak bergerombol,” katanya.

Ia menceritakan, tahun sebelumnya jalur pantura Mundu pada H-4 sudah cukup padat pemudik. Terutama yang menggunakan sepeda motor.

Kali ini tak ada raungan motor pemudik. Hal lain yang juga tak dilihat tahun ini adalah warung-warung dadakan.

Menurut Hasan, pandemi Covid-19 memang membuat banyak hal berubah. Termasuk larangan mudik, sehingga jalur pantura lengang. Selain sepi pemudik juga lengang karena tidak ada lagi warung-warung dadakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: