RW 08 Merbabu Asih Jalankan Program Bank Sampah, Terapkan PHBS

RW 08 Merbabu Asih  Jalankan Program Bank Sampah, Terapkan PHBS

Pandemi bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Tetap produktif menjadi sebuah keharusan. Siapa tau bisa menghasilkan.

ADE GUSTIANA, Harjamukti

SEPERTI yang dilakukan sekelompok masyarakat dan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) di Kampung Iklim Lestari yang terletak di RW 08 Merbabu Asih. Kebetulan juga, bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh Jumat (5/6).

Dalam kegiatan itu, sampah rumah tangga serta lingkungan sekitar dikumpulkan dalam sebuah wadah untuk ditimbang. Untuk kemudian masuk dalam tabungan. Ini merupakan bagian dari program bank sampah.

Protokol pencegahan virus tidak lupa dipraktekan secara ketat. Mereka yang hadir wajib untuk menggunakan masker. Satu per satu yang datang, juga wajib cuci tangan serta disemprot hand sanitizer. Tertib. Semua patuh. Jaga jarak juga tidak dilewatkan.

Kegiatan bank sampah di lingkungan ini rutin dilakukan. Sampah-sampah dikumpulkan, ditimbang, dihitung, diakumulasi, dan dicairkan saat sudah waktunya. Dicairkan dalam bentuk uang. Bahkan, bisa ditukar dengan emas.

Ketua RW setempat, Agus Supriono mengatakan, tetap produktif disituasi pandemi menjadi perlu diingatkan, dipraktekan serta disosialisasi. Selain memelihara rutinitas, juga dapat menghasilkan.

Tidak kalah penting, adalah ikut berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan untuk generasi mendatang. “Betapa penting memelihara kesalehan terhadap lingkungan dan pembelajaran penerapan PHBS,” katanya.

Ia menambahkan, apa yang dilakukan juga merupakan salah satu bagian dari adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim ditengah pandemi covid-19. Menuju masyarakat yang berketahanan, serta lingkungan dan masyarakat yang sehat.

“Lumayan, program sampah menjadi tabungan emas. Dalam kondisi seperti ini, sekali giat bisa mencapai 3 kubik,” imbuhnya.

Program bank sampah telah berjalanan lama di RW 08. Ia berharap, kesadaran warga terus dan bertambah meningkat melalui kegiatan tersebut. Selain menguntungkan, program bank sampah dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan dan kelestarian lingkungan RW 08 Merbabu Asih yang telah mendapatkan predikat Proklim Lestari. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: