Terungkap, Kapal Karam di Sukabumi Ternyata…

Terungkap, Kapal Karam di Sukabumi Ternyata…

SUKABUMI – Citra satelit yang menampakan benda mirip kapal karam di Pantai Cikembang, Cibangban, Kecamatan Cisolok, Sukabumi, terungkap.

Citra satelit Google Maps rupanya merekam kapal pengangkut batubara yang sedang bongkar muat. Karena pengaruh tertentu, sehingga seolah-olah terlihat seperti kapal yang tenggelam.

Manajer Administrasi PT Indonesia Power UJP Palabuhanratu, Irwanto menjelaskan, pecitraan awal 20 Maret 2019 ada pembongkaraan menggunakan MV Intan Baruna.

Baca Juga:

Kapal Karam di Sukabumi Bikin Heboh, Penampakannya Viral

Pengambilan berikutnya bulan 12 Mei 2019, kapalnya sudah berangkat ke PLTU lain. Irwanto mengaku sudah mengkonfirmasi langsung informasi itu langsung ke pihak yang berhubungan dengan kapal itu. \"Bukan kapal karam, kami sudah konfirmasi langsung ke manajernya,\" katanya.

Menurut dia, aktivitas bongkar muat terpaksa dilakukan di perairan itu karena situasi ombak besar. Di momen yang sama, aktivitas bongkar muat rupanya terpotret citra satelit google. \"Jadi waktu itu bongkar muat di situ. Batubara ditampung dulu di tongkang baru digiring ke sini (PLTU),\" ujarnya.

Terkait hasil citra satelit google Irwanto menduga gambar sebelumnya tertumpuk dengan gambar terbaru. \"Ditumpuk gambarnya, kelihatannya jadi seperti kapal karam,\" jelas Irwanto.

Sebelumnya, berbagai spekulasi muncul karena citra satelit itu. Baik dari perspektif teknologi informasi maupun sejarah. Bahkan sempat juga dikaitkan dengan kapal milik Nazi. (yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: