Kunjungi Cirebon, Menteri KKP Edy Prabowo: TNI/Polri Harus Jadi Mitra Nelayan

Kunjungi Cirebon, Menteri KKP Edy Prabowo: TNI/Polri Harus Jadi Mitra Nelayan

CIREBON - Aparat TNI/Polri jangan sampai jadi musuh para nelayan. Bahkan harus jadi mitra dan pendukung para nelayan.

Hal tersebut dikatakan Menteri Kelautan dan Perikanan Eddy Prabowo saat melakukan kunjungan kerja di Pelabuhan Perikanan Gebang Mekar, Blok Petoran, Desa Gebang Mekar, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, Selasa (7/7).

\"Apa-apa yang menjadi kendala agar dibantu, setiap pelabuhan pasti mempunyai kendala dan saya sudah menyaksikan sendiri. Untuk itu saya berkomitmen akan menghidupkan kembali pelabuhan ikan ini (Gebang,red),\" katanya.

Untuk masalah perizinan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan mempermudah dan sedang dalam proses pembahasan. Sehingga diharapkan bisa membantu aktivitas nelayan.

\"Ini salah satu alasan kami kunjungan ke sini, adalah untuk membantu para nelayan dan pembudidaya ikan serta menghidupkan kembali pelabuhan perikanan Gebang. Agar apa-apa yang menjadi kendala dapat kami atasi,\" ujarnya.

Sementara itu, Komandan Korem (Danrem) 063/SGJ Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga meminta Dandim 0620/Kabupaten Cirebon untuk segera berbuat dengan melakukan koordinasi dengan pihak pemda.

\"Saya minta Dandim untuk membantu nelayan meliputi pembangun insfrastruktur di sekitar TPI. Meningkatkan peran koperasi guna mengendalikan harga, mencegah limbah masuk ke aliran sungai dalam rangka menunjang perekonomian masyarakat nelayan,\" tuturnya.

Danrem menambahkan, Korem 063/SGJ siap dan akan terus mendukung program pemerintah. Apalagi aspek kelautan merupakan salah satu program ketahanan pangan.

\"Wilayah Korem 063/SGJ sangat luas, mulai dari pantai di Kabupaten Karawang hingga ke Pelabuhan Perikanan Gebang Mekar Kabupaten Cirebon. Tugas kita adalah mendukung dan menyukseskan program pemerintah dalam menyejahterakan masyarakat khususnya nelayan,\" imbuhnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: