Kebakaran Lahan di Cilukrak Nyaris Merembet ke Permukiman Warga

Kebakaran Lahan di Cilukrak Nyaris Merembet ke Permukiman Warga

CIREBON - Kebakaran lahan terjadi di Desa Cilukrak, Blok Seriem, RT 12 RW 03, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon, Rabu (26/8). Kebakaran lahan tersebut nyaris merembet ke perumahan penduduk desa setempat.

Kasi Tanggap Darurat Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Cirebon, Eno Sujana mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 13.00 WIB.

\"Api diketahui oleh warga sudah membesar dan mendekati ke permukiman, kemudian melaporkan ke perangkat desa untuk meminta bantuan pemadaman. Perangkat desa yang mendapat laporan langsung ke kami,\" ujarnya.

Baca juga:

Subsidi Upah Rp 600 Ribu bagi Pekerja Cair Kamis 27 Agustus, Menaker: Insya Allah

Keluarga Kesultanan Cirebon Temui Walikota Azis, Ini yang Dibicarakan

Masih kata Eno, satu unit damkar diterjunkan dari Pos Jaga Damkar Palimanan. Saat regu pemadam dari Pos jaga tiba di lokasi api makin membesar dan menjalar ke semak-semak kering serta ranting pohon.

\"Hembusan angin yang kencang memperbesar api serta menjalar ke berbagai arah. Regu damkar dibantu oleh warga dan anggota BPBD berupaya memadamkam api,\" katanya.

Ditambahkan Eno, hingga pukul 17.04 WIB api masih belum bisa dipadamkan BPBD dan warga serta perangkat Desa Cilukrak. Tapi api yang dekat permukiman warga berhasil dipadamkan.

\"Tapi alhamdulillah api sudah dapat dipadamkan oleh BPBD dan Warga tadi pukul 17.41 WIB,\" tuturnya.

Eno menyebutkan, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Penyebab kebakaran belum diketahui.

\"Kami di lokasi mendapat kendala yakni akses jalan yang tidak bisa dilalui armada damkar, terbatasnya sumber air dan terbatasnya selang penyeramprot air dari armada damkar,\" pungkasnya. (rdh)

https://youtu.be/2vHWpEXKoUc

Anggota BPBD Kabupaten Cirebon berupaya memadamkan api yang membakar lahan di Desa Cilukrak, Blok Seriem, RT 12 RW 03, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon, Rabu (26/8). FOTO: IST

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: