Penataan Kota Tua Bakal Terintegrasi

Penataan Kota Tua Bakal Terintegrasi

CIREBON-Berbagai kalangan di Kecamatan Jamblang sepakat akan memaksimalkan potensi yang ada di wilayah tersebut. Salah satunya adalah memaksimalkan sektor pariwisata terintegrasi dengan menjadikan kota tua di Jamblang sebagai sentralnya.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Jamblang Abdul Hamid mengatakan, pihak-pihak terkait di Kecamatan Jamblang dari mulai Muspika, sejumlah pemerintah desa (pemdes) di Kecamatan Jamblang, Karang Taruna dan beberapa elemen lainnya sudah bertemu untuk bersama-sama memberikan sumbangsih pemikaran dan ide untuk memaksimalkan potensi yang ada di Kecamatan Jamblang.

“Kemarin kita sudah menggelar rapat di Wihara Dharma Rakhita di Jamblang. Banyak potensi yang bisa digali disini. Paling pas itu pariwisata terintegrasi dengan melibatkan semua desa yang ada di Kecamatan Jamblang,” ujarnya.

Ditambahkannya, di Jamblang sendiri ada beberapa unggulan yang nantinya bisa dimaksimalkan diantaranya keberadaan kota tua yang didalamnya terdapat beberapa bangunan kuno dan wihara.

Lokasi lainnya, sebut Abdul Hamid, ada sentra gerabah di Sitiwinangun, dan makanan khas tape Bakung sebagai oleh-oleh.

“Itu beberapa potensi yang ada di wilayah Jamblang. Ada beberapa yang sudah kuat seperti Kota Tua Jamblang, sentra gerabah dan tape Bakung. Desa-desa lainnya sedang melakukan penataan dan pendataan mudah-mudahan bisa segera bisa dimunculkan,\" imbuhnya. Untuk merealisasikan hal tersebut, pihaknya juga bakal menggandeng komunitas Tionghoa. Bahkan, menurut Abdul Hamid, pihaknya menggandeng sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Lintas Nusantara untuk membuat video promosi wisata. “Ini juga sekaligus untuk melanjutkan program yang pernah dicanangkan oleh bupati Cirebon,” jelasnya. (dri)

https://www.youtube.com/watch?v=1HIX4K5U3eQ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: