15 Nama Calon Sultan Baru Disodorkan untuk Pimpin Keraton Kasepuhan

15 Nama Calon Sultan Baru Disodorkan untuk Pimpin Keraton Kasepuhan

CIREBON - Polemik Keraton Kasepuhan Cirebon belum juga berakhir. Kali ini, ada 15 nama bakal calon sultan baru yang berasal dari trah asli Sunan Gunung Jati untuk memimpin Keraton Kasepuhan.

Hal tersebut diungkapkan tokoh Pesantren Benda Kerep KH Muhtadi Mubarok usai menggelar seminar 9 ulama dan akademisi terkait sejarah Kacirebonan di Aula Islmic Center At Taqwa, Kota Cirebon, Senin (14/9).

\"Jadi ke-15 nama tersebut disodorkan dari Keluarga Kesultanan Cirebon akan digodok oleh para ulama. Kita akan melibatkan 500 ulama, dari Cirebon dan Banten. Jadi, Keluarga Kesultanan Cirebon yang terdiri dari Keraton Kanoman, Kacirebonan, Kaprabonan, Dewan Famili Mertasinga, juga Kasepuhan akan menyiapkan sultan baru ini,\" katanya.

Baca juga:

Keluarga Kesultanan Cirebon Tidak Akui Luqman Zulkaedin sebagai Sultan Sepuh

Soal Pengukuhan Luqman Zulkaedin, Kesultanan Cirebon: Nasab Bukan Secarik Kertas

GKR Hemas: Semoga Sultan Sepuh XV Dapat Menjalankan Tugasnya dengan Baik

Ia menjelaskan, nanti yang jadi sultan baru tersebut hasil dari istikharah. Sehingga, 15 nama calon sultan baru itu akan diistikharahkan.

\"Yang namanya keluar hasil Istikharah itu merupakan hasil pilihan Allah bukan ulama. Inilah pemilihan cara Islam, dan akan saya tunjukkan pada dunia. Dengan cara inilah yang tidak akan mengecewakan siapa pun,\" jelasnya.

Minggu depan, lanjut Mubarok, akan digelar seminar yang melibatkan Ponpes Ciwaringin, Kempek, Buntet dan Gedongan. Agenda utama dari seminar ini adalah persiapan menuju pelantikan sultan baru.

Pelantikan akan digelar di bulan ini. Nanti acara yang digelar bertajuk hajatan cucunya Kanjeng Sunan Gunung Jati

\"Pelaksanaannya bukan di keraton, juga akan digelar arak-arakan. Setelah pelantikan, barulah digelar jumenengan yang akan dilaksanakan di Keraton Pakungwati. Jumenengan ini nanti digelar tanpa mengundang banyak orang,\" jelasnya.

https://youtu.be/ztTvXUYxKVk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: