Antisipasi Covid-19, Anggota Polresta Cirebon Jalani Swab Test

Antisipasi Covid-19, Anggota Polresta Cirebon Jalani Swab Test

CIREBON - Polres Kota (Polresta) Cirebon melakukan swab test mandiri terhadap anggota hingga tingkat polsek. Karena dengan tugas yang penuh risiko, anggota kepolisian rentan tertular virus corona (Covid-19).

Tes swab yang dilaksanakan petugas Urkes Polresta Cirebon itu berlangsung di Klinik Dokkes Mapolresta Cirebon, Selasa (15/9).

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M Syahduddi mengatakan, swab test tersebut dilaksanakan sebagai langkah preventif dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Baca juga:

Sehari 4 Kasus Kebakaran di Kabupaten Cirebon, Penyebabnya Diduga Puntung Rokok

Pelaku Penusukan Syekh Ali Jaber Dijerat Pasal Berlapis

\"Ini langkah antisipasi. Karena sebagai pelayan masyarakat personel Polresta Cirebon cukup berisiko, dan sering berinteraksi dengan orang banyak. Sehingga harus dipastikan demi keamanan dan kenyamanan masyarakat juga,\" kata Syahdudi di Mapolresta Cirebon.

Syahdudi menuturkan, saat ini sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon untuk melatih petugas Urkes Polresta Cirebon melakukan tes swab. Bahkan, reagen yang digunakan untuk tes swab pun didapat dari Dinkes Kabupaten Cirebon.

\"Polresta Cirebon menjadi yang pertama melaksanakan tes swab mandiri. Pasalnya, rata-rata tes swab terhadap anggota Polri dilakukan oleh petugas Dinkes setempat,\" tuturnya.

Namun, lanjut kapolresta, sampel spesimen tenggorokan personel Polresta Cirebon yang diambil dari tes swab itu dikirimkan ke Dinkes Kabupaten Cirebon untuk dilakukan uji laboraturium.

\"Petugas Urkes Polresta Cirebon hanya melakukan proses pengambilan sampel tersebut. Pemeriksaan laboratoriumnya tetap dilakukan dinkes. Data personel yang mengikuti tes swab juga diserahkan ke Dinkes. Semoga hasil tes swabnya negatif semua,\" ujarnya.

Di tempat yang sama, Paurkes Polresta Cirebon Ipda Ilyas menyebutkan, saat ini sudah 100-an personel Polresta Cirebon yang mengikut tes swab.

\"Tes swab ini dimulai dari personel yang bertugas di bidang pelayanan masyarakat misalnya, petugas SIM, STNK, BPKB, Samsat, SKCK, Sidik Jari, SPKT, Humas, dan lainnya. Kemudian nanti dilanjutkan terhadap personel satuan fungsi lainnya dan Polsek jajaran Polresta Cirebon,\" sebutnya. (rdh)

https://www.youtube.com/watch?v=dHen9Kwd-YQ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: