Guru Chat Box

Minggu 20-12-2020,05:30 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

Saya tidak paham apa yang disebut spider plant. Saya pun lari ke Google. Ternyata itu tanaman hias yang disukai di Amerika –lihat foto.

Tapi, ada juga siswa yang menutup chat box-nya. Yang seperti itu, guru tidak bisa menyelami apa yang terjadi dengan si murid. Ia mau mendengar, tapi tidak mau terlihat di kamera dan tidak mau ngobrol dengan sesama teman satu kelas.

Dari tulisan itu, saya menjadi tahu salah satu perbedaan mengajar online di Indonesia dan di Amerika. Yakni, disediakannya chat box. Yang bisa dimanfaatkan para murid untuk berkomunikasi sesama teman satu kelas.

Guru juga tidak terlalu dominan menjejalkan pelajaran. Terlihat guru memberikan peluang lebih banyak bagi siswa untuk memperlihatkan kemampuan mereka.

Dari chat box itu, sang guru juga bisa tahu keinginan siswa. Misalnya tiba-tiba, di chat box itu, muncul gambar McDonald. Sang guru harus paham bahwa jam belajar harus dihentikan sebentar: untuk makan.

Bukan hanya itu. Gambar yang tiba-tiba muncul di chat box itu bukan sembarang burger McDonald. Tapi burger jenis Travis Scott.

Sang guru memanfaatkan momentum itu untuk meneruskan mengajarnya. ”Apa yang kalian tahu tentang Travis Scott?” tanya sang guru.

Para siswa ternyata sangat antusias menjawab pertanyaan tersebut. Mereka lupa ”tuntutan” berhenti belajar untuk makan.

2

”Travis Scott itu gila,” ujar siswa di chat box-nya. Ternyata sekarang ini orang datang ke McDonald tidak perlu lagi berkata ingin beli apa. Begitu membuka kaca jendela mobil, mereka tinggal berkata: Anda tahu apa yang saya inginkan. Tidak ada lagi komunikasi lanjutan. Artinya, mereka memesan Travis Scott.

Ada juga yang begitu membuka kaca, mereka berkata: Anda sudah tahu untuk beli apa saya ke sini.

Mereka pun menyertakan emoji tangis dan tawa di chat box itu. Yang ini saya tidak tahu apa arti emoji yang kontradiktif seperti itu.

Bagaimana dengan big mac? Mereka ternyata tidak suka. ”In-N-Out lebih baik,” katanya.

Di Indonesia belum dijual McDonald Travis Scott. Yakni, menu McDonald yang menggunakan nama penyanyi rap terkenal Amerika. Yang tahun ini naik menjadi rapper paling terkenal.

Sudah lama McD tidak menggunakan menu yang diambil dari nama orang. Yang pertama, dulu, adalah McJordan. Yang diambil dari nama megabintang basket Amerika.

Membaca artikel di News Chant itu, saya membayangkan betapa sulit menjadi guru di era online sekarang ini. Yang kelihatannya masih akan berlanjut.

Setidaknya enam bulan ke depan.

Tags :
Kategori :

Terkait