Pencuri Guci Kuno Tiongkok di Lemahwungkuk Kepergok saat Beraksi

Selasa 30-03-2021,20:15 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Apes dialami AS als Eces (40). Pria asal Jl Kepatihan, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, ini terpaksa diamankan Polisi setelah kepergok sedang melakukan aksi pencurian guci kuno asal Tiongkok di salah satu bangunan tua depan gedung BAT Jl Pabean Sisi Timur, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Senin malam (30/3).

Keterangan yang dihimpun radarcirebon.com di lokasi kejadian menyebutkan, penangkapan tersebut bermula, Senin malam (39/3), sekitar pukul 08.15 WIB. Saat itu petugas Polsek Lemahwungkuk yakni Bripka Jaka sedang melaksanakan pengamanan suatu acara doa bersama di depan BAT.

Bripka Jaka yang saat itu sedang berada di mobil patroli mencurigai ada dua buah guci tua asal Tiongkok di depan bangunan tersebut. Setelah didekati, Bripka Jaka bertemu salah satu pelaku berinisial AB.

Ketika ditanya Bripka Jaka, pelaku AB mengaku dirinya disuruh untuk memindahkan guci tersebut ke rumah pemilik gedung tersebut. Saat Bripka Jaka turun dari mobil dinas dan hendak mengecek guci tersebut, pelaku AB langsung melarikan diri ke arah Klenteng Talang.

Kapolsek Lemahwungkuk Iptu Muhyiddin yang juga malam itu berada di depan BAT langsung mendatangi TKP. Karena curiga ada pelaku lain di dalam gedung itu, Iptu Muhyiddin beserta anggotanya melakukan pengecekan ke dalam gedung.

Dan ternyata benar, di dalam gedung tua tersebut menemukan tersangka AS alias Eces sedang bersembunyi di tumpukan kayu dan karung lantai dua gedung tersebut. Tanpa perlawanan, tersangka AS langsung digelandang ke Mapolsek Lemahwungkuk beserta barang buktinya.

\"Satu tersangka berinisial AS sudah kami amankan dengan barang buktinya berupa guci berukuran besar. Tersangka masih kami periksa,\"ujar Kapolsek Lemahwungkuk Iptu Muhyiddin saat dikonfirmasi radarcirebon.com, Senin malam (29/3).

2

Mantan Kasubaghumas Polresta Cirebon ini menegaskan, tersangka dianc Pasal 363 KUHPidana tentang Pencurian dengan Pemberatan.

\"Kami masih mengejar rekan tersangka kabur saat dipergoki kami sedang beraksi. Pelaku yang kabur berinisial AB dan sudah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polres Cirebon Kota,\" pungkasnya. (rdh)

Tags :
Kategori :

Terkait