Lebaran Rabu atau Kamis, Begini Keputusan Pemerintah

Selasa 11-05-2021,09:30 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON - PP Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal 1442 Hijriah atau lebaran jatuh pada Kamis 13 Mei 2021. Sementara pemerintah akan memutuskan lebaran tanggal berapa lewat sidang isbat hari ini.

Keputusan PP Muhammadiyah tertuang dalam Maklumat nomor 01/MLM/I.0/E/2021 tentang penetapan hasil hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1442 Hijriah.

Berdasarkan metode hisab yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid telah menetapkan bahwa Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1442 Hijriah jatuh pada hari Kamis tanggal 13 Mei 2021.

Idulfitri tahun ini masih dalam keadaan musibah Covid-19, yang persebarannya belum landai. Sehingga harus tetap mengikuti protokol kesehatan dalam merayakan hari yang fitri ini.

PP Muhammadiyah mengimbau agar Bangsa Indonesia harus gigih dalam mengatasi pandemi ini dengan usaha yang maksimal.

Setiap muslim diajarkan menyikapi musibah dengan kekuatan iman, sabar, dan ikhtiar.

Sementara itu, Kementerian Agama (Kemenag) akan kembali menggelar sidang isbat (penetapan) awal bulan Syawal 1442 H.

2

Sidang isbat akan digelar pada Selasa, 11 Mei 2021, bertepatan 29 Ramadan 1442 H.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dijadwalkan akan memimpin langsung sidang isbat. Karena masih pandemi Covid-19, sidang isbat dilakukan mengikuti protokol kesehatan sehingga tidak semua perwakilan hadir secara fisik di kantor Kementerian Agama.

\"Isbat awal Syawal digelar 11 Mei 2021 atau 29 Ramadan 1442 H secara daring dan luring,\" terang Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, di Jakarta, Rabu (5/5/2021).

\"Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi, hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, serta sejumlah Dubes negara sahabat dan perwakilan ormas,\" sambungnya.

Menurut Kamaruddin, panitia juga menyiapkan aplikasi pertemuan dalam jaringan (zoom meeting), baik untuk peserta sidang maupun media. Sebab, peliputan juga akan dilakukan secara terbatas.

Kemenag menjadwalkan akan melakukan rukyatul hilal pada 88 titik di seluruh Indonesia. (yud)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait