Peringatan Keras Presiden Amerika untuk Taliban, Kalau Lakukan Ini, Cepat dan Kuat! Nah Loh!

Selasa 17-08-2021,15:15 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat, Joe Biden memberi peringatan keras kepada Taliban, bila mereka berulah saat proses evakuasi di Bandara Kabul, Afghanistan berlangsung.

Seperti diketahui, ribuan diplomat Amerika Serikat dan warga sipil yang menjadi penerjemah tentara AS selama misi mereka di sana 20 tahun terakhir.

Dalam pidato di Gedung Putih, Biden mengancam bahwa setiap serangan yang dilakukan bakal sangat cepat dan kuat.

\"Kami akan membela rakyat kami dengan kekuatan yang menghancurkan jika diperlukan,\" tandas Biden.

Saat ini, tentara Amerika Serikat dikerahkan ke Bandara Kabul untuk melakukan pengamanan proses evakuasi tersebut.

Terutama setelah situasi menjadi kacau, saat ribuan warga Afghanistan menyerbu bandara dan membanjiri landasan. Mereka berebutan untuk meninggalkan negara tersebut.

Dalam pidatonya yang mengomentari kekacauan di Afghanistan usai Taliban berkuasa, Biden menyatakan tidak menyesali keputusan menarik tentara AS -- meskipun kritikan menghujani dirinya dan pemerintahannya.

2

\"Saya berdiri tegak di belakang keputusan saya. Setelah 20 tahun, saya telah belajar dengan cara yang sulit bahwa tidak akan pernah ada waktu yang baik untuk menarik pasukan AS. Itu sebabnya kita masih ada di sana,\" tutur Biden.

Biden juga menyalahkan pengambilalihan kekuasaan oleh Taliban pada para pemimpin politik Afghanistan yang melarikan diri dan keengganan militer Afghanistan yang dilatih militer AS selama bertahun-tahun, untuk bertempur melawan Taliban. (yud/afp)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait