Kanoman Utara Kini Punya Sekertariat Bank Sampah

Rabu 12-10-2022,15:30 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon.com, CIREBON-Kader Lingkungan RW 10, Kampung Kanoman Utara, Kelurahan/Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon meresmikan Sekertariat Bank Sampah Edelweis, Rabu (12/10/2022).

Peresmian Sekertariat Bank Sampah Edelweis dihadiri oleh pejabat perwakilan dari kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon. Lalu dari Rumah Zakat Kota Cirebon, masyarakat RW10, Lurah Pekalipan, Sekmat Pekalipan, PD Pasar Kanoman dan Complete Selular.

Nuradi, Ketua RW 10, Kampung Kanoman Utara kepada radarcirebon.com mengatakan, peresmian sekertariat bank sampah Edelweis tersebut sangat didukung oleh Complete Celluler melalui Rumah Zakat.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon, dan Rumah Zakat.

BACA JUGA:Gara-gara Kecelakaan di Palimanan Cirebon, Sopir Truk Dilarang Berhenti di Pinggir Jalan

"Bank sampah ini merupakan salah satu cara dalam pengelolaan sampah dari masyarakat dijadikan suatu kerajinan tangan yang mempunyai nilai jual,"katanya.

Menurut Dia, dengan adanya bank sampah dapat memberdayakan ekonomi masyarakat di RW10 Kampung Kanoman Utara.

"Selain itu juga kami memberikan sosialisasi kepada masyarakat bahwa pentingnya menjaga kebersihan salah satunya adalah sampah plastik,"ujarnya.

Sebelum dijadikan sekertariat, Dijelaskan Nuradi, gedung tersebut merupakan sebuah gudang yang tidak terpakai lalu direnovasi.

BACA JUGA:Hati-hati, Modus Penipuan Jual Beli Mobil di Cirebon, Warga Beber Kena Tipu Puluhan Juta

Sementara itu, Lurah Pekalipan Wajidun menyebutkan, sekertariat bank sampah Edelweis di RW10 merupakan bangunan multifungsi untuk berbagai kegiatan masyarakat.

"Di RW 10 ini banyak bermacam-macam kegiatan salah satunya kegiatan anak-anak, karena di sekertariat ini ada literasi baca. Jadi nanti dimanfaatkan oleh masyarakat kita anak-anaknya berkumpul untuk bisa membaca buku-buku,"sebutnya.

Wajidun berharap pihak Pasar Kanoman berkontribusi dan mendukung dalam pengumpulan sampah-sampah kering ke RW10.

"Diharapkan pihak Pasar Kanoman bisa memberikan kontribusinya karena Pasar Kanoman banyak kios-kios menghasilkan sampah terutama sampah kering, entah berupa kardus atau plastik-plastik yang bisa dimanfaatkan oleh warga RW10 agar bisa menghasilkan demi kemajuan RW10 dan akan lebih mensejahterakan para nasabahnya. Bank sampah yang ada di RW 10 tidak jauh dari manajemen perbankan hanya perbankan itu yang disetorkan berupa uang, kalau di sini bank sampah ya sampah sebagai bentuk tabungan dari nasabahnya,"sebutnya.

BACA JUGA:Hasil Liga Champions 2022-2023: Liverpool Cukur Rangers 7-1, Mo Salah Ciptakan Hattrick

Lurah Pekalipan berharap, dengan adanya sekertariat bank sampah ini dapat menggugah masyarakat untuk sadar bersih lingkungannya.

"Mudah-mudahan ini bisa menggugah masyarakat untuk sadar lingkungan yang kita huni, dan RW 10 ini akan lebih hijau, lebih bersih karena sampah-sampahnya dikelola dengan menghasilkan uang ataupun untuk kesejahteraan para nasabahnya ataupun buat membangun wilayah RW10 ini agar bisa lebih maju,"pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, secara simbolis pengguntingan pita tanda diresmikan dan beroperasinya Sekertariat Bank Sampah Edelweis di RW10 Kampung Kanoman Utara, Kelurahan/Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon.

BACA JUGA:Hafna Snack Berkembang Bersama Indomaret, Beri Lapangan Pekerjaan Warga Sekitar

 

Kategori :