Tidak Membuat Harta Berkurang, Ini 5 Keutamaan dan Manfaat Sedekah yang Mengagumkan

Selasa 13-12-2022,05:15 WIB
Reporter : Raden Herdi Dwitama
Editor : Raden Herdi Dwitama

RADARCIREBON.COM – Sedekah adalah salah satu ibadah yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi umat Muslim yang melakukannya. Baik itu keutamaan di dunia maupun di akhirat.

Dalam Islam, sedekah lebih luas dari zakat atau infak. Karena sedekah tidak hanya berkaitan dengan materil, seperti menyumbangkan harta, namun juga bisa berbentuk segala amalan atau perbuatan baik. 

Apa kalian mengenal Sulaiman Al Rajhi? Ia merupakan salah satu orang terkaya di Arab Saudia yang juga merupakan salah satu orang terkaya di dunia. Sepanjang hidupnya, ia telah menumbang $16 miliar atau sekitar 60 miliar riyal.

Jumlah yang dianggap sebagai salah satu dana abadi terbesar yang dibuat di dunia Islam dan yang masih belum dapat ditandingi. Beliau telah memberikan 2/3 dari seuluruh kekayaannya untuk amal dalam bentuk wakaf dan sisanya sepertiga untuk keluarganya.

BACA JUGA:Bacaan Niat Puasa Sunah Senin Kamis, Simak Penjelasan Terkait Keutamaannya

Jika mengacu pada tafsiran Kementerian Agama Palembang, secara etimologi shodaqoh berasal dari bahasa Arab ash-shadaqah yang artinya pemberian sunnah. 

Lalu, secara terminologi shadaqah adalah memberikan sesuatu tanpa mengharapkan balasan dari manusia karena Allah yang akan membalas berupa pahala.

2

Seperti yang tertulis dalam Al Qur’an surat Al Baqaroh berikut ini:

Yang artinya: “Perumpamaan nafkah yang dikeluarkan oleh orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir, seratus biji Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui”. (Surat Al-Baqarah ayat 261).

BACA JUGA:Daftar 15 Sunah Rosul yang Perlu Diketahui Suami, Coba Deh dan LIhat Perubahan pada Istri

Keutamaan dan manfaat sedekah

Sedekah merupakan ibadah sosial unutk menciptakan arti hidup menjadi manusia yang bermanfaat. Dan karena tidak terkait dengan aturan dan waktu, sedekah bisa dilakukan di manapun, kapanpun, dan dengan menggunakan apapun.

Seperti yang tertuang dalam dalil berikut ini, Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu,” (HR Bukhari).

1. Dapat menghapus dosa dan meringankan sakaratul maut

Sedekah sangat dianjurkan karena dapat mensucikan. Manusia memang tidak luput dengan dosa. Kesempurnaannya dipertanyakan apakah kita pantas disebut makhluk yang sempurna padahal kita selalu enggan untuk meminta ampun dengan apa yang telah kita perbuat.

Kategori :