Disdik Kabupaten Cirebon Targetkan 32 Ribu Siswa SD Lanjutkan Pendidikan ke SMP

Rabu 24-05-2023,03:00 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Moh Junaedi

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Bupati Cirebon Drs H Imron MAg melakukan monitoring pelaksanaan ujian sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Cirebon.

Pada tahun ini, sebanyak 32.499  siswa dari 850 Sekolah Dasar (SD) negeri dan swasta di Kabupaten Cirebon yang mengikuti pelaksanaan ujian.

BACA JUGA:Penerbangan di Bandara Kertajati Makin Ramai, Usai AirAsia Kini Giliran Garuda Indonesia Buka Layanan Reguler

Menurut Imron, dirinya berharap seluruh siswa yang mengikuti ujian sekolah pada tahun ini, bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.

"Sekarang wajib belajar sudah 12 tahun. Oleh karena itu, harus sampai SMA," ujar Imron, Selasa 23 Mei 2023.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, Ronianto menambahkan, bahwa ujian untuk SD ini, sudah berlangsung sejak Senin 22 Mei 2023 kemarin.

BACA JUGA:Rumor Terkait Hubungan Dekat Panji Gumilang dan Soeharto Sudah Beredar Lama

Senada dengan Bupati, pihaknya juga akan mengupayakan seluruh peserta ujian SD pada tahun ini, bisa melanjutkan ke jenjang SMP.

Ia menambahkan, bahwa daya tampung untuk SMP Negeri di Kabupaten Cirebon, hanya sekitar 17 ribu siswa. Sedangkan sisanya, bisa ke sekolah swasta.

BACA JUGA:Bangkitkan Generasi Digital Indonesia, Smartfren Prakarsai Gerakan Sejuta Akses Internet untuk Berjuta Peluang

"Untuk sekolah negeri hanya menampung sekitar 17 ribu siswa, sisanya nanti bisa diserap oleh swasta," kata Roni.

Pihaknya juga mengupayakan untuk menekan angka putus sekolah, dengan mengarahkan para siswa yang putus sekolah, untuk bergabung ke program kejar paket.

BACA JUGA:Perkuat Skuad Indonesia di Piala Asia 2023, PSSI Bidik Pemain Diaspora Grade A

Dirinya juga sudah meminta kepada para penilik, untuk melakukan inventarisir siswa-siswa yang putus sekolah, untuk segera diarahkan mengikuti kejar paket. "Biar nanti semuanya bisa memiliki ijazah," kata Roni. (rdh)

Kategori :