Susur dan Bersih-bersih di Sungai Sukalila Cirebon, Begini Pesan Penting dari BBWS untuk Masyarakat

Kamis 27-07-2023,16:30 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Tatang Rusmanta

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung (Cimancis) melaksanakan kegiatan susur dan bersih-bersih sungai, hari ini (27/7/2023).

Susur sungai ini digelar jelang pelaksanaan World Water Forum ke-10 yang akan dihelat di Bali 18-24 Mei 2024, dengan mengusung tema Water for Shared Prosperity sekaligus memperingati Hari Sungai Nasional ke-13.

Kegiatan susur dan bersih-bersih sungai tersebut berlangsung di Sungai Sukalila, Kampung Pesisir, Kota Cirebon. Sungai Sukalila Kota Cirebon merupakan bagian wilayah sungai BBWS Cimanuk Cisanggarung.

Kegiatan tersebut berlangsung secara serentak se-Indonesia. Hadir pada kegiatan tersebut Kepala BBWS Cimancis Dwi Agus Kuncoro.

Hadir pula Wakil Walikota Cirebon Hj Eti Herawati, Dandim 0614/Kota Cirebon Letkol Inf Robil Syaifullah, Danlanal Cirebon Letkol Laut (P) Ridwansyah, Danyon Arhanud 14/PWY Mayor Arh Yanuar Yudistira dan Forkopimda Kota Cirebon lainnya.

"Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung (Cimancis) sebagai unit pelaksana teknik (UPT) pada Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR mendapatkan tugas menjadi penyelenggara pelaksanaan kegiatan Susur dan Bersih-bersih Sungai di Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung dan memilih Sungai Sukalila sebagai tempat pelaksanaan kegiatan pada hari ini," ungkap Dwi Agus Kuncoro.

Dijelaskan, bahwa maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan susur dan bersih-bersih Sungai Sukalila tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pemeliharaan dan fungsi sungai sebagai ruang publik.

2

BACA JUGA:Nama Keren Kampung Wisata Side Land Terbaru di Kuningan Dulunya Kampung Sidelan, Begini Sejarahnya

"Kegiatan ini melibatkan seluruh komponen dan lapisan masyarakat di Kota Cirebon dalam kampanye peringatan Hari Sungai Nasional ke-13 yang jatuh setiap tanggal 27 Juli, serta dukungan terhadap rencana kegiatan World Water Forum ke-10 di Bali, tanggal 18-24 Mei 2024 mendatang," jelas Dwi.

Dia menyebutkan, World Water Forum merupakan ajang pertemuan internasional terbesar di bidang Sumber Daya Air (SDA) yang diselenggarakan setiap 3 tahun sekali.

"Kegiatan itu ajang untuk berkumpul dan bertukar informasi atau berdiskusi terkait isu mengenai sumber daya air serta menciptakan kesepakatan bersama mengenai pengelolaan air dunia yang lebih baik," sebutnya.

Lebih lanjut Dwi mengatakan, rangkaian kegiatan susur dan bersih-bersih ruas Sungai Sukalila dibagi dalam beberapa zonasi dan tim.

"Tim yang diterjunkan sendiri merupakan wakil dari para pemangku kepentingan pada wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung yang terdiri dari seluruh komponen dan lapisan masyarakat, diantaranya 8  Kementrian atau Lembaga yang tergabung dalam Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA), Pemerintah Daerah Kota Cirebon, TNI, Polri, BUMN,  komunitas lingkungan hidup, akademisi, pelajar serta masyarakat," katanya.

Selain kegiatan susur dan bersih-bersih sungai, lanjut Dia, juga diadakan kegiatan penanaman pohon dan pemasangan papan atau imbauan secara simbolis.

"Ada Juga kegiatan bazar yang disi oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Cirebon. Kemudian kegiatan juga dilanjutkan dengan acara sapa balai dengan Menteri PUPR secara online," ucapnya.

Kategori :