Culamega, Wisata Kebun Teh di Selatan Majalengka, Tak Kalah dengan Puncak Bogor

Sabtu 02-09-2023,05:41 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

Kebun teh Culamega berada di lereng kaki Gunung Cakrabuana. Hanya sekitar 59 km dari pusat kota Majalengka. Dari pusat Kota Angin, membutuhkan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam untuk mencapai Kebun Teh Culamega.

Perjalanan dari Tasikmalaya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dengan jarak 48 km. Sementara perjalanan dari Jatigede dapat ditempuh hanya sekitar 45 menit.

Kebun Teh Cipasung ini yang berada di lahan sekitar 59 hektar. Perkebunan ini dikelola dengan baik oleh Koperasi Buana Mukti, Cipasung.

Selain kebun teh, di area ini juga didirikan pabrik pengolahan atau pengeringan daun teh yang telah dipetik. Apabila musim panen telah tiba, maka daun teh yang baru dipanen dapat langsung diproses.

BACA JUGA:Drawing Piala Dunia U-17 Akan Berlangsung di Zurich Swiss, Indonesia Masuk Pot Man Ya?

Tak heran jika Kebun Teh Culamega ini menjadi salah satu ladang rejeki bagi penduduk sekitar. Selain juga menjadi tempat wisata yang patut dikunjungi.

Sejuknya udara pegunungan, bebas polusi, dan indahnya pemandangan alam, semua ada di Culamega. Bahkan jika beruntung, akan bisa melihat kabut yang menutupi sebagian lahan teh yang lebih tinggi.

Pengunjung bisa berjalan-jalan di tengah luasnya hamparan tanaman teh yang hijau. Di tempat itu, dengan gampang bisa menemukan para pemetik daun teh.

2

Pengunjung juga dapat berinteraksi untuk mempelajari teknik memetik daun teh yang baik dan benar dari mereka.

BACA JUGA:Ditlikung Partai NasDem, SBY: Jadi Ingat Pribahasa Lama

Suasana kehidupan masyarakat sekitar yang ramah dan lingkungan masih asri, tak akan membuat pengunjung menyesal berkunjung ke tempat itu.

Tiket masuk yang dikenakan oleh pihak pengelola kepada para pengunjung untuk menikmati hamparan kebun teh yang luas ini, hanya Rp 10 ribu per orang.

Pihak pengelola menyediakan fasilitas umum, seperti area outbond, area parkir, mushola, toilet, dan penginapan. Pihak pengelola mengenakan tarif parkir sebesar Rp 5 ribu untuk kendaraan bermotor.

Di tempat itu juga gampang dijumpai warung-warung yang menjual aneka makanan dan minuman ringan.

BACA JUGA:Realisasi Pajak Provinsi Jabar Sudah 45 Persen, Bapenda Jabar Kejar Target Rp 21,9 Triliun

Bagi pengunjung dari luar Majalengka dan belum pernah mengunjungi Kebun Teh Culamega, tidak perlu bingung dan khawatir.

Kategori :